Cara Mengobati Alergi Kulit Dengan Aman

Alergi kulit merupakan gangguan yang muncul karena adanya beberapa penyebab. Rasa gatal yang terjadi ketika alergi mulai muncul sangatlah mengganggu. Selain rasa gatal alergi kulit juga terkadang menyebabkan beberapa gangguan seperti bercak kemerahan pada kulit yang terkadang meninggalkan bekas. Orang yang memiliki riwayat alergi kulit biasanya gejalanya akan terus berulang hingga diketahui dengan benar penyebab munculnya alergi tersebut. Pengobatan yang dilakukan tidak tuntas membuat alergi akan terus muncul ketika penyebabnya belum diketahui pasti. Cara mengobati alergi kulit yang benar-benar menjadi efektif jika sudah diketahui pemicu dari munculnya alergi pada kulit yang sering sekali menimbulkan gangguan yang sangat meyakitkan bagi penderitanya.

Penderita alergi yang ingin terhindar dari gejala alergi satu-satunya acara adalah dengan menghindari pemicunya. Akan tetapi jika sudah terlanjur gejala alergi muncul seperti gatal dan ruam maka ada Cara mengobati alergi kulit yang aman. Berikut caranya:

  • Bahan alami yang paling mudah dijumpai di dapur salah satunya adalah daun salam. Pada masakan, daun salam sering sekali dijadikan bahan untuk membuat rasa masakan menjadi lebih sedap dan nikmat. Aroma daun salam yang kuat membuat aroma masakan menjadi lebih nikmat. Namun ternyata selain karena memang aromanya yang sedap, daun salam ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengobati gejala alergi kulit. Cara penggunannya juga mudah. Cukup ambil beberapa lembar daun salam kemudian cuci bersih. Setelah itu tumbuk daun salam tersebut hingga cukup lumat. Kemudian cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan daun salam tumbuk pada bagian yang ruam.
  • Bumbu dapur yang satu ini memang memiliki banyak manfaat. Sebagai kategori rempah yang memiliki banyak khasiat, rimpang jahe yang bersifat menghangatkan juga bisa memberikan efek penyembuhan untuk gejala alergi kulit. Jahe yang terkenal karena membuat tubuh terbebas dari masuk angin bisa dipakai juga menyembuhkan gatal karena alergi. Caranya adalah dengan merebus jahe dengan cuka beras putih dan gula merah. Kemudian setelah matang, saring ampasnya dan minum sebagai minuman kesehatan setiap hari.
  • Kombinasi minyak goreng dan garam. Mungkin terpikir oleh anda minyak goreng dan garam yang biasa digunakan untuk memasak apakah mungkin bisa dipakai untuk menyembuhkan gejala alergi kulit. Ternyata kombinasi keduanya bisa menyembuhkan alergi kulit secara bertahap. Cara mengobati alergi kulit dengan menggunakan minyak goreng dan garam ternyata mudah. Caranya adalah dengan emncampurkan kedua bahan tersebut hingga rata kemudian oleskan pada area yang gatal dan ruam. Ketika gatal menyerang dan adanya ruam yang membuat kulit menjadi panas, minyak goreng dan garam ternyata mampu bersifat mendinginkan. Meskipun cara ini dianggap belum familiar, akan tetapi jika anda mengalaminya, anda boleh mencoba kombinasi kedua bahan ini untuk mengurangi rasa gatal yang timbul karena alergi.
  • Selain minyak goreng ternyata kombinasi minyak kelapa dengan perasan jeruk lemon juga bisa meredakan rasa gatal karena alergi. Lagi-lagi yang digunakan adalah sejenis minyak. Alasannya adalah minyak memiliki sifat mampu mendinginkan area kulit yang memang gatal karena alergi. Sedangkan lemon memberikan kesegaran pada kulit. Lemon dengan media berupa minyak mampu menyerap dengan sempurna hingga ke dalam pori-pori kulit yang tentunya membuat rasa gatal dan ruam mereda. Caranya juga mudah. Cukup campurkan kedua jenis bahan tersebut kemudian anda oleskan pada area kulit yang terasa gatal dan ruam karena alergi yang menyerang dan muncul secara tiba-tiba.
  • Cara terakhir adalah dengan menggunakan leunca. Leunca yang selama ini dikenal sebagai bahan makanan yang biasa dijadikan lalapan ataupun masakan tertentu ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi keluhan alergi. Jenis sayuran ini disukai karena rasanya yang khas serta aromanya yang tajam. Ternyata jika dibuat dengan benar, leunca yang memiliki rasa tajam tersebut memberikan efek untuk mengurangi keluhan gatal karena alergi. Caranya juga sangat mudah. Leunca yang sudah anda miliki kemudian anda tumbuk sampai halus kemudian anda oleskan leunca yang sudah dihaluskan tersebut ke area kulit yang gatal karena alergi dan juga ruam karena alergi.

Bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas sebenarnya hanya bersifat mengurangi gejala alergi seperti rasa gatal dan juga ruam kulit ketika sudah terjadi alergi. Cara mengobati alergi kulit dengan menggunakan bahan alami tersebut tentu saja tidak bersifat tetap. Akan tetapi bahan alami tersebut memiliki sifat sebagai pengurang rasa gatal dan juga efek ruam pada kulit. Namun solusi pengobatan utamanya adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum pada akhirnya anda harus menghindari jenis penyebab tersebut yang memicu alergi pada kulit anda. Jadi jika anda tidak mengetahui penyebab dan juga menghindarinya maka alergi akan terus ada dan terjadi saat anda berdekatan dengan pemicu alergi tersebut.

Leave a Comment