Mengenal Heartburn, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya Bersama SehatQ

Pernahkah Anda mengalami rasa nyeri yang sangat menyakitkan pada bagian dada atau ulu hati seperti rasa terbakar atau ditusuk-tusuk? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami heartburn. Kondisi ini terjadi karena sistem pencernaan terganggu sehingga membuat asam lambung naik hingga ke kerongkongan dan melukai dinding kerongkongan.

Rasa nyeri ini dapat muncul kapan saja dan menimpa siapa saja. Orang juga bisa menyebutnya sebagai maag. Dalam kondisi biasa keluhan ini tidak akan terlalu menyiksa. Namun, saat Anda berbaring atau menunduk rasa sakitnya akan lebih terasa menyakitkan.

Apa yang Dimaksud Heartburn?

Jika diartikan ke bahasa Indonesia heartburn dapat berarti jantung terbakar. Namun, sebenarnya tidak ada hubungan dengan organ jantung. Kondisi ketika Anda merasakan sensasi nyeri yang sangat pada bagian dada atau ulu hati dengan rasa panas seperti terbakar merupakan kondisi serangan maag atau disebut jantung terbakar.

Masalah ini tidak dipicu oleh permasalahan pada jantung, justru lambung. Dikarenakan asam lambung yang naik ke kerongkongan, lalu zat asam di dalamnya membakar dinding kerongkongan yang membuat rasa panas dan terbakar pada dada.

Penyebab dan Gejalanya

Penyebab naiknya asam lambung ini dapat karena obat-obatan, perubahan pola makan, salah mengonsumsi makanan, atau karena kondisi hormon tubuh. Biasanya pasien obesitas dan diabetes lebih rentan mengalaminya. Begitu pula ibu hamil muda.

Setiap pasien dapat mengalami gejala yang berbeda tergantung dengan tingkat keparahan masing-masing. Namun, ada beberapa keluhan umum yang sering dirasakan oleh pasien penderita maag, yaitu:

  • Rasa nyeri dan perih di area dada setelah makan atau saat malam hari.
  • Keluhan sakit pada dada yang terjadi saat menunduk, makan, atau berbaring.
  • Rasa asam dan pahit di mulut.
  • Rasa ingin muntah atau ingin mengeluarkan cairan dari tenggorokan.
  • Sering terbangun saat tidur.

Cara Mengatasinya

Kondisi ini sangat mengganggu dan mungkin akan berakibat pada kegiatan sehari-hari. Sebab ketika nyerinya tidak tertahankan Anda tidak akan bisa beraktivitas. Menurut SehatQ cara-cara berikut dapat membantu mengatasi maag atau jantung terbakar:

1.     Mengonsumsi Obat

Salah satu obat yang dapat membantu menetralkan asam lambung dengan cepat adalah Antasid. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi lansoprazole atau omeprazole. Penggunaan obat-obatan ini tidak selamanya dapat diandalkan. Jika sakit terlalu parah segera konsultasikan pada dokter.

2.     Hindari Makan Terlalu Banyak

Heartburn dapat diakibatkan oleh konsumsi makanan yang berlebihan dan memaksa lambung bekerja ekstra sehingga beban yang berat ini membuat sistem pencernaan kewalahan. Sebaiknya, Anda tidak mengonsumsi makanan terlalu banyak dan mengganti pola makan menjadi lebih sedikit porsi makan tapi sering.

3.     Hindari Beberapa Jenis Makanan

Makanan pedas, bersoda, berlemak, atau makanan yang terlalu berbumbu dapat memicu naiknya asam lambung. Sebaiknya, Anda menghindari jenis makanan ini jika sudah memiliki riwayat sakit maag.

4.     Hindari Makan Sebelum Tidur dan Pakaian Ketat

Makanan adalah salah satu pemicu naiknya asam lambung, terutama jika dikonsumsi sebelum atau dekat dengan waktu tidur. Setidaknya Anda harus makan 2-3 jam sebelum tidur agar tidak mengalami ketidaknyamanan saat beristirahat.

Selain itu, hindari juga menggunakan pakaian ketat karena dapat menimbulkan tekanan pada perut. Tekanan ini dapat menimbulkan asam lambung terdorong naik ke kerongkongan.

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi mengenai heartburn atau berbagai penyakit lainnya? Anda dapat mengunjungi laman website SehatQ yang menyuguhkan berbagai informasi seputar kesehatan, dunia medis, dan obat-obatan. Anda juga dapat bertanya langsung kepada ahlinya lewat layanan SehatQ mengenai gangguan kesehatan yang sedang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ingin Melakukan Perjalanan Jauh? Simak 3 Tips Berkendara yang Aman Ini!

Wed Mar 17 , 2021
Perjalanan jarak jauh bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi guna mendukung kenyamanan liburan atau pulang kampung. Anda yang akan melakukan perjalanan jarak jauh ratusan kilometer, pastikan untuk mengecek performa kendaraan lebih dulu. Spesifikasi Toyota Rush yang bisa diandalkan untuk menempuh medan berat bisa menjadi pilihan kendaraan terbaik. Cara berkendara yang aman […]

You May Like