Tips Penting Bagi Pemula yang Harus Diterapkan Sebelum Memutuskan Mendaki Gunung

Mendaki gunung atau hiking sudah lama populer di kalangan masyarakat sebagai salah satu kegiatan outdoor yang menantang dan memacu adrenalin. Tidak sedikit yang menjadikan kegiatan hiking sebagai salah satu hobi yang menyenangkan. Memang tidak ada salahnya melakukan hiking di kala senggang. Namun yang perlu diketahui, meskipun sudah banyak orang yang melakukan kegiatan yang satu ini, bukan berarti hiking cukup aman dan mudah dilakukan. Bagi Anda yang masih pemula, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya serta mengikuti aturan yang berlaku bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk melakukan pendakian. Karena menganggap remeh hal ini akan berakibat sangat fatal.

Mendaki bukan sekedar kegiatan untuk refreshing saja. Perlu persiapan banyak hal, mulai dari kondisi badan yang fit, perlengkapan yang memadai, pakaian yang tepat, makanan, dan masih banyak lagi. Jika Anda berniat mendaki, menerapkan tips aman berikut ini akan membuat Anda semakin mantap melakukan pendakian. Berikut diantaranya:

  • Mengecek lokasi pendakian.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pendakian, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu lokasi pendakian serta jalur pendakian yang aman untuk dilewati. Anda harus mengetahui kondisi gunung saat ini masih dalam kondisi baik untuk pendakian ataukah sedang dalam kondisi siaga satu sehingga tidak aman untuk pendakian. Untuk itu Anda harus mencari tahu informasi terkini untuk kondisi gunung yang ingin di daki.

  • Berolahraga minimal sebulan sebelum pendakian.

Mendaki gunung sangat mengandalkan kondisi fisik serta mental yang fit. Untuk Anda perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Sangat disarankan melakukan olahraga secara rutin maksimal sebulan sebelum memutuskan untuk melakukan pendakian. Olahraga yang biasa dilakukan, antara lain jogging maupun lari.

  • Membawa barang seperlunya saja.

Sebaiknya sebelum mendaki, persiapkan barang yang sekiranya penting saja untuk dibawa selama pendakian. Mendaki dengan membawa beban tas yang cukup berat dan berlebihan hanya akan membuat pendakian Anda menjadi terhambat. Resiko kecapaian karena beban yang harus dibawa bisa saja terjadi. Untuk itu lebih bijaklah dalam membawa barang-barang yang cukup penting selama pendakian.

  • Sleeping bag dan tenda.

Yang tidak boleh terlewatkan saat memutuskan untuk mendaki adalah mempersiapkan sleeping bag dan tenda sebagai perlengkapan tidur. Anda bisa membawa jenis sleeping bag yang telah teruji kualitasnya. Selain itu tambahan membawa matras juga bisa Anda lakukan mengingat kondisi tanah yang digunakan untuk tidur cukup dingin meskipun sudah menggunakan sleeping bag.

  • Membawa jaket sesuai dengan ketinggian tempat pendakian.

Jaket dengan bahan katun atau wol akan sangat baik digunakan dalam pendakian gunung. Jaket jeans memang terlihat kuat dan praktis, namun sulit dikeringkan jika basah. Jika Anda belum memiliki jaket katun, Anda bisa berbelanja di toko baju atau toko outdoor.

  • Menyesuaikan jenis ransel dan sepatu hiking

Tas ransel berguna untuk menaruh barang-barang yang diperlukan selama pendakian. Gunakanlah tas yang sesuai dengan tubuh Anda karena bentuk dan berat tas yang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan saat pendakian.

  • Perlengkapan memasak dan makanan.

Sangat penting mempersiapkan makanan dalam jumlah yang cukup, mengingat mendaki membutuhkan banyak tenaga. Untuk perlengkapan memasak, Anda bisa menggunakan kompor gas portable yang praktis serta cadangan gas jika sewaktu-waktu diperlukan.

  • Peralatan P3K.

Peralatan P3K, seperti minyak angin, obat sakit kepala, obat antimo, plaster, dan obat untuk penderita tertentu jangan sampai ketinggalan untuk dibawa selama pendakian.

  • Jas hujan.

Cuaca yang terkadang berganti-ganti dan kurang bersahabat saat mendaki gunung, seperti hujan bisa disiasati dengan membawa jas hujan dalam barang bawaan.

Leave a Comment