3 Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Yang Mudah, Murah Dan Cepat

Entah karena kebutuhan apa, anda bisa saja memerlukan transfer luar negeri gratis , misalnya untuk transaksi bisnis, pengiriman uang kepada saudara dan lainnya. Transfer uang pada masa kini memang menjadi hal yang lumrah, paling sering biasanya diperlukan untuk keperluan bisnis, jual beli online dan juga pengiriman uang kepada pihak lain. Untuk transfer yang dilakukan dalam satu daerah atau negara, mungkin sudah banyak orang yang tahu. Namun, untuk transfer ke luar negeri? Tentu tidak semua orang paham bagaimana caranya, terlebih bagi mereka yang baru pertama kali ingin mengirim uang ke luar negeri.

Nah, berikut ini ada beberapa cara mengirim uang ke luar negeri dengan cara yang mudah dan terbilang murah. Mari simak penjelasannya!

1.      Transfer Antar Bank

Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan rekening bank, sama halnya ketika ingin melakukan transfer uang dalam negeri. Pengiriman yang dilakukan langsung melalui antar bank, memiliki kelebihan prosesnya yang cepat, mudah dan lumayan murah. Hanya saja perlu diperhatikan, saat ingin melakukan transfer, harus benar-benar teliti memasukkan nomor rekening tujuan agar tidak salah kirim.

Jika tidak memiliki rekening bank yang sama, maka bisa mendatangi kantor bank lalu mengisi formulir pengiriman uang, setelah mengisi formulir dengan baik dan benar, biasanya penyetor akan diminta antri terlebih dahulu. Jika tiba giliran, serahkan formulir kepada pihak pelayanan bank. Apabila ada beberapa hal yang kurang paham, bisa menanyakannya langsung kepada pihak layanan. Pastikan berapa biaya pengiriman yang dikenakan, lalu ketahui berapa kurs uang yang sesuai dengan jumlah uang yang dikirim. Tanyakan kepada pihak layanan berapa lama waktu pengiriman uang untuk bisa sampai ke penerima, hal ini perlu diketahui untuk memastikan kepada pihak penerima mengenai waktu sampainya uang kiriman.

2.      Pakai Paypal

Cara transfer luar negeri gratis lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan Paypal. Paypal merupakan rekening virtual yang dapat digunakan di seluruh dunia, sehingga tidak heran banyak yang menggunakan media ini untuk pengiriman uang antar negara. Selain jaringan Paypal yang luas, tingkat keamanannya juga cukup bagus sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan pengiriman uang. Agar bisa menggunakan cara transfer uang melalui Paypal, pastinya harus memiliki rekening Paypal terlebih dahulu, baik si pengirim maupun si penerima uang. Hanya saja, syarat membuat rekening Paypal harus memiliki kartu kredit guna memverifikasi rekening yang akan dibuat nanti. Dari sekian banyak cara pengiriman uang ke luar negeri, Paypal adalah salah satu yang mampu memproses pengiriman secara cepat dan mudah. Selain itu, biaya pengiriman uang ke luar negeri juga relatif murah jika dibandingkan dengan metode pengiriman lain.

3.      Western Union

Tidak jauh berbeda dengan metode transfer uang melalui bank, saat hendak mengirimkan sejumlah uang ke luar negeri melalui Western Union, pihak pengirim hanya perlu datang ke kantor Western Union terdekat, lalu disana akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi data-data penting terkait pengiriman uang yang dilakukan. Sebagai bahan informasi lain, hendaknya pengirim membawa serta kartu identitas yang masih berlaku saat ingin mengirim uang lewat Western Union untuk memudahkan saat pengisian formulir. Jika formulir sudah terisi semua dengan benar, serahkan kepada pihak layanan Western Union beserta sejumlah uang yang ingin dikirim. Pihak pelayanan akan memeriksa data di formulir dan menghitung uang yang diterima. Setelah itu, proses pengiriman uang akan dilakukan dan jika sudah selesai, pihak layanan akan memberikan bukti transfer uang.

Itu tadi 3 cara pengiriman uang ke luar negeri yang bisa dicoba. Informasi ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi kamu yang saat ini hendak melakukan transfer uang beda negara. Jangan ragu untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Leave a Comment