4 Jenis Obat Gusi Bengkak Alami Yang Mudah, Murah Dan Bisa Dibuat Sendiri

Ada beberapa masalah mulut yang sering dialami banyak orang, seperti sakit gigi, sariawan, bau mulut dan gusi bengkak. Jika mendapati ada bagian gusi yang bengkak dan mulai terasa nyeri, jangan buru-buru mencari obat gusi bengkak  tanpa adanya resep dari dokter. Salah-salah bisa berakibat fatal! Daripada menggunakan obat kimia yang berefek samping, mending gunakan cara alami ini untuk dijadikan obat gusi bengkak.

1.      Air Garam

Cara mudah untuk mengatasi gusi bengkak dan nyeri, bisa dengan menggunakan air garam. Gunakan air hangat dan masukkan garam secukupnya, aduk hingga garam larut sempurna dalam air. Setelah itu gunakan untuk berkumur-kumur, biarkan selama beberapa menit air garam dalam mulut.

Salah satu penyebab gusi menjadi bengkak akibat adanya bakteri dalam mulut, untuk membunuh bakteri, bisa menggunakan garam. Lakukan cara berkumur-kumur dengan air garam secara teratur 2-3 kali sehari hingga gusi benar-benar membaik.

2.      Krim Kunyit

Manfaatkan kunyit yang ada di rumah sebagai obat gusi bengkak yang alami dan murah. Tidak sulit membuat krim kunyit ini, cukup parut kunyit lalu campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Setelah semua bahan tercampur rata dan menjadi seperti pasta, gunakan sebagai pengganti odol saat gusi mengalami pembengkakan. Kandungan curcumin pada kunyit terbukti dapat melawan bakteri penyebab infeksi dalam mulut. Selain itu, sari kunyit yang digunakan pada mulut dapat mencegah timbulnya plak gigi dan radang gusi.

3.      Kompres Menggunakan Es

Tidak jarang, gusi bengkak juga menyebabkan bagian lainnya ikut bengkak, seperti misalnya daerah pipi yang dekat dengan gusi bengkak. Saat gusi terasa tidak nyaman dan mulai nyeri, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengopresnya menggunakan es batu. Efek dingin dari es batu dapat memberikan sensasi tenang dan meringkan rasa nyeri. Ambil sepotong es batu berukuran kecil, lalu bungkus dengan kain lembut dan bersih. Tempelkan es pada bagian pipi yang dekat dengan gusi bengkak, diamkan selama beberapa menit hingga gusi terasa lebih nyaman.

4.      Air Rebusan Daun Sirih

Cara lainnya yang bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak adalah daun sirih. Untuk bisa mengambil manfaatnya guna mengatasi gusi yang bengkak, rebus terlebih dahulu daun sirih hingga mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih yang sudah dalam keadaan hangat untuk berkumur-kumur. Antiseptik alami dalam daun sirih dapat membunuh kuman dan bakteri jahat penyebab gusi bengkak.

Jika sudah melakukan usaha pengobatan memakai obat alami untuk gusi bengkak seperti di atas, namun hasilnya belum memuaskan. Maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter. Ada beberapa jenis obat kimia yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah gusi bengkak seperti diantaranya paracetamol, hydrogen peroksida, chlorhexidine dan ibuprofen. Penggunaan obat ini sebaiknya berdasarkan resep dokter. Jangan mengkonsumsi obat kimia secara sembarangan dan tanpa anjuran dari dokter karena ini dapat menimbulkan risiko. Bukannya malah sembuh, justru dapat menimbulkan penyakit lain.

Saran untuk yang sering mengalami gusi bengkak, sebaiknya lakukan perawatan gigi dan mulut secara baik dan teratur. Caranya, gosok gigi minimal 2 kali sehari, gunakan sikat gigi lembut dan pasta gigi yang sesuai. Bersihkan kotoran atau sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi dengan cara flossing. Cara mudah merawat mulut dan gigi lainnya yaitu dengan membiasakan menggunakan siwak. Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai apa saja obat gusi bengkak alami yang bisa dicoba di rumah.

Leave a Comment