4 Penyebab Baby Blues Pada Ibu Baru

Istilah baby blues pada umumnya diartikan sebagai kondisi mama yang mengalami depresi setelah melahirkan. Ada banyak perempuan muda yang akhirnya merasa takut akan masalah ini, dimana setelah melahirkan mereka mungkin akan mengalaminya dimana ini bisa berpengaruh besar pada hari hari yang akan dilalui. 

Kenali Penyebab Baby Blues Pada Ibu Baru

Baby blues pada umumnya akan terjadi sampai hari ke-10 p pasca melahirkan. Baby blues ini pun bahkan bisa bertahan sampai dua minggu. Biasanya seorang mama yang mengalami masalah ini akan merasa tidak semangat saat merawat bayi yang dilahirkan. Lalu apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

  • Lelah Mengasuh Anak Baru Lahir

Selesai proses persalinan yang begitu melelahkan, mama biasanya akan dihadapkan dengan kenyataan dimana harus melatih bayi untuk bisa minum ASI secara langsung. Sementara tidak semua bayi yang baru lahir dapat menyusui secara langsung.

Ibu menyusui pada umumnya akan kelelahan karena kesusahan saat melatih bayinya menyusu ASI secara langsung. Sebagian bayi pun biasanya susah membuka mulut, sementara puting mama masih kaku dan berukuran besar pasca melahirkan.

  • Payudara Bengkak dan Terasa Sakit dan Demam

ASI biasanya akan mulai terproduksi yang akhirnya akan menyebabkan payudara mama akan cepat membesar dan membengkak. Sementara bayi yang baru lahir biasanya akan menyusu setiap 2 jam sekali. 

Namun ada juga yang pintar, dimana sedikit-sedikit minta ASI karena cepat merasa haus dan lapar, dimana akan sering buang air kecil.

Faktanya, tidak semua bayi mempunyai kemampuan yang sama pasca dilahirkan. Bagi ibu dengan bayi yang sulit menyusu, biasanya mungkin akan mempunyai masalah payudara bengkak sebab ASI yang keluar tidak lancar.

Apabila mengalami hal ini, disarankan untuk memompa ASI lalu simpan di tempat yang steril. Tahukah Anda bahwa ini adalah penting, dimana ibu disarankan untuk tidak membuang kolostrum dalam ASI pertama sebab ini begitu baik untuk kesehatan bayi.

  • Adaptasi dengan Perubahan Hidup

Baby blues pun akan dialami para ibu karena harus menyesuaikan diri dengan tanggung jawab baru sekaligus dengan peran sebagai orangtua. Inilah yang akhirnya membuat para ibu yang baru melahirkan merasa kewalahan.

Biasanya ia harus mengurus dirinya sendiri, dimana sekarang sudah ada bayi yang selalu memerlukan bantuan ibu. Baik itu seperti buang air kecil, ketika lapar, haus, mandi dan sebagainya dimana semua harus dibantu.

  • Kadar Hormon yang Menurun

Ketika sedang hamil, biasanya si ibu akan mengalami kenaikan jumlah hormon, dimana setelah melahirkan pun demikian. Ibu akan kehilangan kadar hormone dimana ini bisa mempengaruhi keadaan tubuh dan sensitivitas si ibu. Bisa dikatakan ini begitu berpengaruh sehingga akhirnya akan mengalami baby blues setelah persalinan.

Artikel mengenai penyebab baby blues pasca melahirkan nyatanya penting untuk Anda ketahui sebagai ibu baru. Jika misalnya Anda ingin mendapatkan artikel penting lainnya, maka bisa mengunjungi Orami sebagai tempat untuk mendapatkan banyak informasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Istilah dalam Olshop : Pengertian Reseller Adalah

Wed Dec 29 , 2021
Di tengah kondisi pandangan seperti sekarang, Anda mungkin bisa mencoba untuk mencari penghasilan tambahan dengan membuka bisnis. Namun terkadang kendala utama yang dihadapi ketika ingin membuka bisnis yaitu modal. Tapi nyatanya, Anda masih bisa membuka bisnis sekalipun hanya menggunakan kecil, yaitu dengan Anda menjadi reseller. Berikut ini akan diulas mengenai […]