4 Tips Melatih Bahasa Inggris agar Mudah Mendapat LoA

Britania Raya merupakan salah satu negara favorit calon mahasiswa untuk kuliah. Bahasa tentu menjadi pertimbangan yang penting. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa universitas yang menyediakan program pendalaman bahasa untuk persiapan kuliah seperti di Heriot-Watt University.

Heriot-Watt University merupakan public university yang berdiri sejak 1821 dan terletak di Edinburgh, Skotlandia. Dengan usia dua abad, universitas ini memiliki keunggulan dalam bidang riset dan juga memiliki cara pengajaran yang imbang antara teori dan praktik.

Mempersiapkan Kemampuan Bahasa Inggris

Heriot-Watt University memiliki syarat bahasa yang dibuktikan dengan minimal skor 6.0 untuk IELTS di mana Anda harus mendapat minimal skor 5.5 untuk setiap kemampuan. Skor ini tergantung dengan jurusan serta jenjang yang Anda pilih.

Calon mahasiswa juga bisa mendapatkan letter of acceptance (LoA) bersifat conditional. Artinya, Anda sudah diterima, tetapi harus memenuhi syarat bahasa. Bisa jadi Anda memenuhi kriteria masuk di universitas, tetapi belum masuk pada persyaratan bahasa.

Untuk itu, persiapan bahasa Inggris tentu sangat penting dilakukan, di samping memenuhi kriteria yang lain. Agar bisa mendapat LoA baik conditional maupun unconditional (tanpa syarat lain), ada beberapa cara untuk mengasah keterampilan bahasa Inggris sebelum mengikuti tes bahasa:

1. Berlatih Bahasa Inggris Menggunakan Target

Berlatih bahasa Inggris yang efektif adalah latihan yang memiliki tujuan atau target. Tentukanlah target realistis Anda sebelum mulai berlatih. Misalnya, dalam dua pekan, Anda akan menguasai satu tense.

Setelah menentukan target, Anda bisa melatihnya selama waktu yang ditentukan. Berlatihlah secara rutin dan disiplin. Akan lebih baik Anda berlatih selama satu jam setiap hari dibandingkan enam jam tapi hanya sekali dalam sepekan.

Jika Anda sudah menguasai dasar-dasar bahasa Inggris, Anda juga tetap bisa berlatih agar bisa menjawab soal tes. Dalam berlatih bahasa Inggris, usahakan melatih empat kemampuan sekaligus yaitu membaca, mendengar, berbicara, dan menulis. Anda bisa membaginya menjadi dua kemampuan setiap hari.

2. Rajin Mengikuti Trial Test

Heriot Watt University menerima tes internasional mulai dari IELTS, TOEFL iBT, Cambridge, dan tes dari Heriot-Watt sendiri. Pada saat ini karena adanya pandemi Covid-19, syarat dari lembaga tes ditambah dengan IELTS Indicator, TOEFL iBT Special Home Edition, Duolingo English Test, dan TOEFL ITP Plus for China.

Pilihlah tes yang sudah Anda kenal. Apabila belum pernah mengikuti salah satu tes, Anda bisa mengunjungi situs resmi lembaga tes untuk mengenal sistem tes masing-masing.

Rajinlah berlatih trial test dengan waktu yang sesuai dengan waktu tes. Anda bisa melakukan trial test satu pekan sekali atau dua kali setelah mendalami materi kemampuan dalam bahasa Inggris.

3. Membiasakan Menggunakan Bahasa Inggris

Karena tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, Anda sebaiknya membiasakan menggunakan bahasa Inggris untuk kegiatan sehari-hari. Mulailah dengan menonton serial TV dari Inggris atau Amerika, mendengarkan siaran radio dari BBC, atau mendengarkan podcast berbahasa Inggris.

Biasakan juga membaca berita dan bacaan fiksi atau non-fiksi dengan bahasa Inggris. Anda juga bisa melafalkan bacaan untuk melatih pronunciation.

4. Rajin Mencatat Lema Baru

Mencatat kata atau frasa baru tidak sekadar menulis terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Karena tujuan Anda adalah kuliah di luar negeri, usahakan mencatat lema dengan arti atau keterangan yang juga menggunakan bahasa Inggris.

Hal ini akan melatih Anda dalam menulis bahasa Inggris. Setelah mencatat arti atau keterangan, gunakan lema yang baru Anda ketahui tersebut membentuk sebuah kalimat baru.

Selain tips di atas, Anda juga bisa mengikuti program persiapan academic English di Heriot-Watt University. Program ini tidak hanya memperdalam bahasa Inggris, tetapi juga sistem belajar mengajar di universitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *