5 Jenis Bahan Yang Biasanya Ada Pada Nasi Tumpeng Mini

Pada beberapa acara atau moment, ada yang memilih menyediakan nasi tumpeng sebagai sajian untuk para tamu. Jika dulu, nasi tumpeng sering dibuat dalam bentuk yang besar, kini nasi tumpeng juga hadir dalam bentuk kecil atau mini. Nasi tumpeng mini ini menarik disajikan pada beberapa acara misalnya saja ulang tahun anak. Bentuknya yang unik serta ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat para tamu yang usianya anak-anak, akan merasa senang serta pas dengan porsi makan sesuai usia mereka. Jika anda ingin memesan nasi tumpeng mini Jakarta  atau tertarik ingin membuat sendiri, pastikan nasi tumpeng mini anda tersaji beberapa bahan ini.

1.      Nasi Bentuk Kerucut

Bukan nasi tumpeng namanya jika nasinya tidak bentuk kerucut. Inilah yang menjadi ciri khas dari sajian menu khas Indonesia bernama nasi tumpeng. Meski tampil dalam ukuran mini, nasi tetap harus dibuat bentuk kerucut. Mau menggunakan nasi kuning atau nasi putih, tidak masalah selama bentuknya kerucut utuh. Untuk memudahkan dalam pembentukan nasi, biasanya digunakan cetakan khusus serta pemilihan jenis beras yang tepat.

2.      Lauk

Ada banyak jenis lauk yang bisa digunakan untuk pelengkap sajian nasi tumpeng mini, mulai dari ayam goreng, ikan, telur rebus dan lainnya. Namun, akan lebih baik jika lauk yang dipilih menyesuaikan selera orang yang akan menyantapnya. Jika misalnya nasi tumpeng mini dibuat untuk anak-anak, maka lauk ayam goreng atau telur rebus bisa jadi cocok untuk mereka. Selain rasanya gurih dan nikmat, ayam goreng dan telur juga bagus untuk tumbuh kembang anak. Tidak ada aturan khusus penggunaan jenis lauk tertentu pada nasi tumpeng, sehingga anda bisa bebas memilih ingin menggunakan jenis lauk apa.

3.      Jenis Sayuran

Makan nasi tanpa sayur rasanya tentu tidak lengkap, apalagi untuk sajian sejenis nasi tumpeng. Oleh karena itu, lengkapi nasi tumpeng mini dengan beberapa sayuran. Ada banyak jenis olahan sayur yang dapat dipilih untuk dijadikan pelengkap sajian nasi tumpeng mini, bisa jenis sayur lalapan yang direbus, urap, osengan tahu tempe, osengan kacang panjang dan lainnya. Jika tumpeng mini dibuat untuk anak-anak, maka sebaiknya hindari penggunaan cabe atau rasa pedas pada sayuran yang dibuat.

4.      Perkedel

Jika sudah tersedia nasi, lauk dan sayur pada nasi tumpeng mini, tidak ada salahnya jika memang ingin menambahkan bahan lain seperti perkedel. Ini tentu akan menjadi tambahan lainnya yang akan disukai banyak orang. Paling nikmat adalah menggunakan perkedel kentang. Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal serta warnanya yang kecoklatan mampu membuat orang menjadi lebih berselera saat menyantap nasi tumpeng yang disajikan. Buatlah perkedel kentang dengan ukuran kecil pula untuk menyesuaikan dengan tampilan nasi tumpeng mini.

5.      Sambal

Khusus untuk nasi tumpeng mini yang disajikan untuk orang dewasa, maka anda bisa memberi tambahan berupa sambal. Ada beberapa pilihan jenis sambal yang bisa digunakan, seperti sambal terasi, sambal ijo, sambal matah, sambal petis atau lainnya sesuai dengan selera. Keberadaan sambal pada sajian nasi tumpeng mini, tidak hanya akan membuat tampilan nasi tumpeng jadi lebih menarik, tetapi juga dapat menggugah selera. Makanpun jadi lebih nikmat pastinya!

Nah, itu tadi kiranya 5 bahan yang biasanya tersaji pada menu nasi tumpeng, khususnya nasi tumpeng mini. Saat ini, tidak sulit untuk mencari jasa pembuat nasi tumpeng mini Jakarta atau daerah lainnya karena ada banyak jasa catering yang mampu menyediakannya untuk berbagai keperluan acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *