5 Masker yang Beredar di Masyarakat untuk Pencegahan Covid-19  

Pada saat pandemi Covid-19 penggunaan masker menjadi hal wajib yang harus dipatuhi oleh masyarakat saat berada di tempat umum. Selain menggunakan masker, pencegahan virus SARS-CoV-2 harus didukung dengan cuci tangan dan juga menjaga jarak. Masker N95 merupakan masker yang wajib digunakan oleh tenaga medis saat menangani pasien.

Jenis Masker dalam Menghadapi Covid-19

Ketika pandemi merebak, masker menjadi benda langka nan mahal harganya. Oleh sebab itu, terdapat alternatif masker seperti menggunakan kain katun sebagai pengganti masker bedah.

Saat ini stok masker sudah kembali dan jenis masker di pasaran juga semakin beragam. Beberapa jenis masker yang berada di pasaran tersebut antara lain:

1.     Masker Kain Tiga Lapis

Masker kain tiga lapis pada mulanya adalah masker alternatif ketika masker bedah atau surgical mask yang biasanya dijual di apotek atau supermarket menjadi barang langka pada pertengahan Maret 2020 lalu.

Efektivitas masker kain memang tidak setinggi masker bedah, tetapi masker ini mampu menahan droplets dari seseorang. Oleh karena itu, agar lebih baik mencegah penularan, masing-masing orang sebaiknya menggunakan masker kain sehingga sama-sama dapat menahan droplets.

Saat menggunakan masker ini, perhatikan dua pendukung utama agar terhindar dari penularan Covid-19, yaitu menjaga jarak dan mencuci tangan serta lebih baik berada di rumah.

2.     Masker Bedah atau Surgical Mask

Masker bedah pada awalnya merupakan masker yang langka. Masker ini lebih efektif dalam menahan droplets dan juga bisa menyaring adanya droplets karena kedap air.

Masker bedah biasanya terdiri dari tiga lapisan untuk menyaring debu serta droplets. Meski demikian, masker ini kurang bisa melindungi kondisi udara yang telah terkontaminasi atau partikel airborne.

Selain untuk tenaga medis, Anda bisa menggunakannya apabila Anda sedang sakit flu, alergi, batuk atau saat nyeri tenggorokan. Dengan demikian, Anda akan menahan droplets ketika sedang bersin atau batuk.

3.     Masker N95

Masker N95 merupakan salah satu perlindungan terbaik untuk para tenaga kesehatan (nakes) dan mereka yang bekerja di layanan fasilitas kesehatan. Karena filterisasi hingga mencapai 0,3 mikron, masker ini mampu menyaring dan menangkal droplets hingga 95 persen. Selain itu, masker N95 juga bisa menahan partikel airborne dan aerosol apabila digunakan secara benar.

Masker N95 diprioritaskan untuk digunakan oleh nakes karena risiko penularan Covid-19 yang sangat tinggi. Karena sempat langka di pasaran, banyak ahli meneliti dan mengemukakan bahwa masker N95 bisa digunakan kembali hingga tiga kali dengan cara didekontaminasi.

4.     Masker KN95

Masker KN95 memiliki efektivitas yang sama dengan jenis N95. Masker ini juga merupakan masker prioritas untuk nakes dan orang-orang yang bekerja di fasilitas kesehatan. Perbedaan N95 dan KN95 adalah pada sertifikasi. N95 mengantongi sertifikasi dari Amerika Serikat sedangkan KN95 mendapat sertifikat dari Tiongkok.

5.     Masker KF94

Masker lain yang memiliki kualitas setara dengan N95 dan KN95 adalah masker KF94. Masker ini juga mampu menyaring dan menahan droplets sehingga mengurangi risiko tertular atau menularkan virus.

Jika masker KN95 memiliki sertifikasi dari Tiongkok dan N95 mendapat sertifikasi dari Amerika Serikat, KF94 merupakan masker dengan sertifikasi dari Korea Selatan. Kualitas serta keefektivitasan masker ini tidak jauh berbeda dengan kedua masker tersebut.

Masker N95 dan dua jenis masker yang setara memang lebih efektif dibanding masker buatan sendiri. Untuk masyarakat umum, menggunakan masker kain atau bedah di tempat umum sudah sangat membantu dan memperingan beban kerja nakes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *