6 Fitur yang Seharusnya Ada di Aplikasi Inventory

Ketika Anda menggunakan aplikasi inventory untuk bisnis, bisa dibilang itu adalah keputusan yang tepat untuk membantu pengelolaan stok barang serta pengembangan bisnis Anda. Namun, dalam memilih aplikasi yang tepat, ada hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah fitur yang disediakan. Ini fitur yang seharusnya ada di aplikasi tersebut?

Apa Guna Aplikasi Ini?

Bagi Anda yang belum tahu mengenai aplikasi ini, ada baiknya mengenalinya lebih dulu. Aplikasi ini adalah yang sering digunakan dalam sistem manajemen inventaris yang merupakan kombinasi antara teknologi dan proses serta prosedur yang mengatasi pemantauan dan pemeliharaan barang yang disimpan suatu perusahaan.

Barang ini adalah stok barang yang akan dijual atau diolah kembali untuk dipasarkan kepada konsumen. Baik itu bahan baku, bahan jadi dan lainnya. Dengan sistem ini, memungkinkan perusahaan untuk bisa mengelola persediaan barang dengan lebih baik.

Lalu, Fitur Apa yang Seharusnya Ada?

  1. Manajemen Stok

Salah satu fitur yang wajib ada dalam aplikasi ini adalah manajemen stok. Fitur yang satu ini sangat berguna untuk membantu bisnis daring Anda dalam memantau, mengecek, menginput stok barang yang ada dalam gudang penyimpanan Anda. Fitur ini juga secara otomatis bisa mengurangi stok barang jika ada penjualan dalam stok barang tersebut.

  1. Manajemen Procurement

Fitur lainnya yang wajib ada dalam aplikasi tersebut adalah manajemen procurement atau pengadaan barang. Fitur yang satu ini akan membantu bisnis Anda dalam mengatur jumlah minimal stok barang yang tersedia di gudang. Nah, jika stok barang yang ada di gudang sudah mencapai batas minimal, maka ada notifikasi yang ditampilkan.

Dengan adanya pemberitahuan ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan pemesanan stok ulang ke supplier. Bisa juga untuk memproduksi barang yang sudah menipis kembali.

  1. Manajemen Supplier

Fitur lain yang wajib ada dalam aplikasi bisnis ini adalah manajemen supplier. Fitur yang saat ini sangat membantu bisnis daring karena menyimpan seluruh informasi lengkap tentang data pemasok yang bisa dihubungi. Dengan fitur ini pun, Anda bisa membandingkan penawaran yang diberikan satu supplier dengan supplier lainnya sehingga bisa dapatkan harga terbaik.

  1. Membuat Barcode Scanning

Masih ada lagi fitur yang wajib ada dalam aplikasi tersebut. Ia adalah fitur membuat barcode scanning atau pelabelan. Ini bisa dibilang kunci pendataan stok produk yang lebih mudah. Dengan adanya fitur ini, maka Anda akan memudahkan Anda dalam menginput stok barang masuk maupun keluar.

  1. Shipment Tracking

Fitur lain yang wajib ada adalah shipment tracking yang mampu memudahkan Anda dalam melacak pengiriman barang yang berjalan ke pelanggan. Dengan fitur ini, Anda bisa memberikan konfirmasi pengiriman dan penerimaan barang secara langsung dengan sistem yang lebih cepat serta praktis.

  1. Laporan Inventaris

Tentu saja, fitur yang harus ada di aplikasi ini adalah fitur laporan inventaris. Fitur ini bisa memudahkan Anda dalam menyediakan laporan yang menunjukkan data analitik lengkap dengan laporan pergerakan barang, valuasi stok barang, jumlah stok barang, inventory turnover dan masih banyak lagi. Dengan ini laporan penjualan pun bisa dibuat lebih cepat.

Nah, itulah beberapa fitur yang sebaiknya ada di aplikasi bisnis inventory. Semua fitur tersebut berguna untuk memudahkan Anda dalam mengecek, menginput dan mengelola stok barang. Dengan adanya sistem inventaris ini, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah, cepat dan juga efisien sehingga bisnis pun bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *