8 Amalan yang Bisa Anda Lakukan Saat Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi semua umat muslim. Meskipun hanya satu bulan amalan yang akan didapat bila dilakukan pada bulan ramadhan ini sangatlah istimewa. Jika Anda ingin membaca artikel tentang amalan yang bisa dilakukan saat bulan ramadhan Anda bisa membacanya di Umma Ramadhan.

Berpuasa

Berpuasa di bulan ramadhan hukumnya adalah wajib. Tidak diragukan lagi pahala yang besar akan diberikan kepada orang yang berpuasa dan menjalankan shalat lima waktu. Berpuasa di bulan ramadhan tidak hanya menambah pahala namun juga akan menghapus dosa-dosa.

Shalat Lima Waktu

Shalat lima waktu memang menjadi kewajiban semua umat muslim dalam sehari-hari. Pada saat bulan ramadhan hendaknya Anda lebih meningkatkan ibadah dengan rajin shalat lima waktu karena shalat adalah tiang agama.

Jika Anda melaksanakan shalat lima waktu tepat waktu dan juga tanpa putus pada saat bulan ramadhan bukan hanya pahala saja yang berlipat ganda tapi satu rakaat shalat di bulan ramadhan juga akan mendapatkan pahala lebih berkah dibandingkan seribu rakaat di bulan lainnya.

Menyegerakan Berbuka dan Membaca Doa Berbuka

Setelah Anda berpuasa sepanjang hari, sebaiknya dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Berbuka dilakukan ketika masuk waktu maghrib. Saat berbuka puasa umat muslim disunahkan untuk makan makanan yang manis terlebih dahulu seperti kurma namun apabila tidak ada kurma bisa digantikan dengan air putih.

Selain menyegerakan berbuka puasa ada baiknya Anda juga harus membaca doa terlebih dahulu. Doa yang dibaca adalah doa sebelum berbuka puasa. Membaca doa ini sunnah dilakukan namun apabila Anda membacanya tentu akan lebih baik.

Shalat Tarawih

Shalat ini adalah shalat yang dilakukan pada sebelum tengah malam pada bulan ramadhan. Shalat tarawih yang dilakukan berjamaah di masjid memiliki banyak keistimewaan seperti di ampuni dosa-dosa. Pahala yang diberikan tidak kalah berlipat-lipat seperti ibadah puasa. Anda juga bisa membaca keistimewaan shalat tarawih yang lain di Umma Ramadhan.

Tadarus Al-qur’an

Salah satu amalan yang bisa dilakukan pada saat bulan puasa adalah dengan mengkhatamkan Al-qur’an. Membaca al-qur’an memiliki banyak sekali kebaikan terlebih Allah akan melipat gandakan pahala pada setiap amalan yang Anda lakukan di bulan ramadhan ini. Usahakan Anda bisa mengkhatamkan Al-qur’an.

Perbanyak Sedekah

Perbanyaklah sedekah saat bulan ramadhan. Salah satu sedekah yang dianjurkan selama ramadhan adalah dengan memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa. Barang siapa yang melakukan sedekah kepada orang-orang yang berpuasa maka akan mendapatkan pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu.

I’tikaf

I’tikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT biasa dilakukan di masjid pada saat bulan ramadhan. Menurut para ulama hukum melakukan i’tikaf adalah sunnah dan tidak wajib, kecuali jika Anda telah bernazar untuk beritikaf karena suatu hal.

Dzikir

Dzikir memiliki keistimewaan apabila dilakukan pada malam dan siang hari pada saat bulan ramadhan. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan dzikir dan berdoa. Anda juga bisa melakukan pada waktu-waktu yang istijabah seperti saat berpuasa hingga berbuka atau saat malam terutama di sepertiga malam terakhir.

Berdakwah

Dakwah atau menyebarkan ajaran kebaikan agama islam kepada orang lain. Berdakwah adalah hal mulia karena tindakan ini merupakan seruan untuk kebaikan dan menghindari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Berdakwah tidak harus dilakukan kepada orang banyak, Anda juga bisa memulai dakwah dari mulut ke mulut.

Itulah beberapa amalan yang bisa Anda lakukan selama bulan ramadhan. Jika Anda melakukan dengan niat yang baik untuk mendapatkan ridho Allah tentu Allah akan memberikan pahala yang berlipat-lipat. Ada beberapa artikel Umma Ramadhan terkait bulan puasa yang lain, jika Anda ingin membacanya kunjungi website umma.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *