Apa Saja Ciri Artikel yang Search Engine Optimization Friendly?

Artikel yang search engine optimization friendly adalah artikel yang baik untuk website. Dengan artikel yang Seo friendly, maka trafik kunjungan ke website Anda akan meningkat dan bila Anda menggunakannya untuk bisnis, juga baik untuk bisnis Anda. Tapi, sebenarnya bagaimana artikel yang SEO friendly itu? Ini dia ciri-cirinya!

  1. Topik dan Tema

Salah satu ciri dari artikel yang SEO friendly bisa dilihat dari topik dan tema yang diangkat. Artikel yang diangkat pada website tersebut haruslah memiliki fokus yang berhubungan dengan websitenya. Bila misalnya website Anda mengangkat hal yang berhubungan dengan kesehatan, maka fokus artikelnya pun harus tentang kesehatan.

Begitu juga bila website tersebut memiliki hubungan dengan tips dan trik, maka tulisan atau artikel yang ada di dalam website tersebut haruslah yang berhubungan dengan tips dan trik juga.

  1. Judul Artikel

Anda juga bisa melihat apakah artikel tersebut SEO friendly dari judul artikelnya. Judul ini seperti ujung tombak dari suatu artikel. Dari membaca judul saja, pengunjung bisa tahu jenis artikel yang Anda buat. Jadi, artikel yang Seo friendly biasanya memiliki judul yang membuat penasaran banyak pengunjung.

Oleh sebab itu, bila Anda ingin membuat artikel yang SEO friendly, ada baiknya buatlah judul yang sekiranya membuat penasaran dan mampu mengundang klik. Anda bisa melihat contohnya pada laman pencarian pertama Google yang biasanya memiliki bentuk yang menarik, agak aneh dan bahkan cenderung memaksakan.

  1. Tidak Plagiat

Ciri lainnya adalah artikel tersebut tidak terindikasi sebagai hasil jiplakan atau plagiat dari blog atau website orang lain. Jika artikel tersebut terindikasi plagiat, Google akan mendeteksinya secara otomatis dan tidak akan memunculkannya di laman Google kecuali bila si pemilik website menggunakan trik yang tidak legal.

  1. Kata Kunci dan Kata Kunci LSI

Keberadaan kata kunci ini sangatlah penting untuk memudahkan menemukan artikel yang dicari di Google. Orang biasanya akan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian. Kata kunci ini biasanya ada di judul paragraf pertama dan paragraf terakhir dari suatu artikel. Jadi, ciri lain dari artikel yang search engine optimization friendly ini ada di letak kata kuncinya.

Penempatan kata kunci ini akan sangat menentukan posisi artikel di laman utama Google. Adanya kata kunci LSI atau latent semantic indexing adalah salah satu strategi baru dalam dunia SEO yang bisa Anda gunakan untuk ciptakan artikel yang SEO friendly.

  1. Sub Judul dengan Heading

Salah satu ciri artikel yang baik adalah adanya sub judul yang dilengkapi dengan heading. Penulisan seperti ini akan memudahkan index atau mesin Google mengenali isi dari setiap artikel yang dibuat. Selain itu, juga akan memudahkan pengunjung dalam memahami isi dari artikel tersebut.

  1. Link dalam Artikel

Keberadaan link baik itu internal ataupun eksternal juga bisa jadi tanda seberapa baik artikel tersebut. Dengan adanya link ini, maka pengunjung bisa mencari tahu lebih banyak tentang website Anda. Selain itu, keberadaan eksternal link juga bisa jadi referensi dan bukti kebenaran dari isi artikel tersebut.

Nah, itulah beberapa ciri dari artikel search engine optimization atau yang SEO friendly. Anda bisa memperhatikan diri tersebut untuk membuat artikel yang baik pada website Anda. Namun, pastikan Anda juga menulis artikel yang berbobot dan memang bermanfaat untuk orang lain karena inilah daya tariknya. Dengan ini, website akan lebih ramai pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *