Begini Cara Mudah Cuci AC agar Selalu Bersih dan Tahan Lama

Air Conditioner (AC) memiliki peran yang penting untuk menjaga stabilitas suhu dalam ruangan. Hampir semua rumah kini sudah dilengkapi dengan AC, karena sangat menangani suhu di negara tropis seperti Indonesia ini. Jika Anda memiliki AC, jangan lupa untuk melakukan perawatan. Namun jangan sembarangan, cuci AC harus dilakukan dengan tepat agar tidak rusak.

Cuci AC Bersih, Aman dengan Cara Berikut

Perawatan AC tidak cukup hanya dengan dibersihkan dari debu saja. Namun, Anda juga harus melakukan pencucian agar bisa bersih secara menyeluruh. Cuci AC bisa dibilang mudah-mudah susah, karena kita harus sangat berhati-hati, jika tidak justru AC akan rusak. Sebenarnya cara paling amannya adalah dengan menggunakan jasa service AC terdekat.

Ciri-ciri AC yang butuh dibersihkan adalah adanya debu yang menumpuk, mengeluarkan udara dengan bau yang apek dan mengeluarkan suara yang aneh. AC yang tidak bersih juga akan sulit untuk bekerja secara optimal, oleh karenanya penting sekali untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh. Berikut adalah beberapa langkah mencuci AC yang tepat dan aman.

  1. Pertama, pastikan AC telah dimatikan, dan kabel juga sudah terlepas dari listrik.
  2. Turunkan AC dan buka semua bagian-bagiannya. Alat yang bisa digunakan untuk membersihkannya adalah penyedot debu, lap kering dan kemoceng. Peralatan ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan debu yang menempel pada bagian-bagian AC, seperti bilah ventilasi atau permukaan luar.
  3. Baca buku panduan terlebih dahulu, disana juga pasti akan ada petunjuk untuk membersihkan AC.
  4. Langkah selanjutnya adalah mulai bersihkan debu yang menempel pada filter. Anda bisa menggunakan peralatan yang tadi telah disiapkan.
  5. Khusus untuk filter, Anda bisa membilasnya menggunakan air yang mengalir. Jika, memang sangat kotor, Anda juga bisa mencucinya menggunakan sabun cuci piring. Setelah di cuci, jangan lupa untuk dibilas untuk menghilangkan busa.
  6. Keringkan filter pada tempat yang teduh. Jangan sampai Anda mengeringkannya dengan dijemur dibawah sinar matahari, karena hal tersebut dapat merusaknya.
  7. Setelah filter kering dan semua bagian AC juga telah dibersihkan, Anda bisa memasangnya kembali. Coba hidupkan, dan Anda akan merasakan kesegarannya seperti AC baru.

Perawatan AC agar Awet dan Selalu Memberikan Kesegaran

Pembersihan atau pencucian pada AC bisa dilakukan setiap bulan, dengan begitu AC bisa tetap terjaga kebersihannya. Perawatan juga diperlukan agar AC bisa memberikan kesegaran udara. Anda bisa mengganti filter setiap tiga bulan sekali, hal ini akan membuat udara yang dikeluarkan tetap bersih dan sehat.

Untuk menjaga agar AC tetap sehat, saat menggunakannya jangan terlalu menaik turunkan suhu secara ekstrim. Hal tersebut akan membuat AC bekerja lebih keras, dan pastinya akan membuatnya cepat rusak. Selalu periksa saluran untuk memastikan tidak terjadi kebocoran. Jangan lupa untuk mematikan AC saat akan ditinggal bepergian jauh.

Anda juga bisa melakukan service secara berkala, hal ini akan mencegah terjadinya kerusakan besar. Anda bisa mencari tempat service AC terdekat dengan menggunakan Halojasa.com, disana Anda akan menemukan banyak sekali penyedia jasa service AC. Salah satu layanannya adalah Halo Fix, yang memiliki layanan khusus untuk service AC.

Jadi itulah tadi beberapa ulasan tentang cuci AC, perawatan dan rekomendasi tempat service. Menjaga kebersihan memang sangat penting, jadi selalu pastikan AC bersih dan tetap memberikan udara yang segar, sehingga keluarga bisa betah di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *