Cara Menjaga Pola Makan Tetap Sehat Untuk Orang Yang Sibuk

Kementerian Kesehatan RI kini telah mengeluarkan alternatif, Pedoman Gizi Seimbang (PGS). PGS menerapkan prinsip konsumsi makanan yang bervariasi disertai aktivitas fisik, pola hidup bersih dan pemantauan berat badan secara teratur. Peraturan ini dikeluarkan karena mengingat banyak warga Indonesia pada saat melakukan medical check up dan tes gula darah, banyak yang melewati batas aman. Oleh sebab itu pedoman ini mengatur pola makan sehat dengan gizi seimbang dengan mengedepankan prinsip “4 sehat 5 sempurna”. Berikut adalah berbagai tips untuk membantu menjaga pola makan sehat bagi mereka yang mungkin tidak punya waktu untuk makan makanan sehat.

  1. Jangan lewatkan sarapan pagi

Sarapan adalah waktu makan terpenting karena di situlah Anda mendapatkan energi untuk tetap aktif sepanjang hari. Sarapan yang sehat juga dapat melindungi Anda dari risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

  1. Jangan minum kopi terlalu banyak

Kopi mengandung kafein yang sangat baik agar kamu tetap terjaga. Sangat baik dikonsumsi pada pagi hari saat kamu memiliki banyak kegiatan. Namun, jangan minum kopi terlalu banyak karena kopi bisa mempercepat proses pembuangan air melalui urin dan dapat mengakibatkan dehidrasi. Jika Anda perlu minum kopi sebelum beraktivitas, cukup minum 1-2 cangkir per hari. Pilih kopi hitam dengan sedikit  atau tanpa gula. Hindari penggunaan krim atau topping ekstra yang akan meningkatkan kalori.

  1. Minum banyak air

Diet sehat tidak lengkap tanpa air. Kebutuhan air setiap orang bisa berbeda-beda tergantung berat badannya. Namun, sebagai panduan, minumlah air putih minimal delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Dengan mengonsumsi air yang cukup, tubuh kamu akan mendapatkan kebutuhan air dan dapat beraktivitas dengan baik.

  1. Cara praktis mengukur ukuran porsi untuk menjaga berat badan

Porsi makanan menentukan berapa banyak kalori yang  Anda konsumsi setiap hari. Namun kendala yang muncul saat  mengatur porsi makan adalah bagaimana cara mengukur bahan makanan yang berbeda dari segi bentuk dan beratnya. Misalnya, Anda bisa mendapatkan 175 kalori dengan makan 100 gram nasi. Namun, bagaimana Anda mengukur  100 gram beras tanpa timbangan?

 

  1. Tingkatkan Makanan Alami, Batasi Makanan Kemasan

Hal terbaik yang dapat Anda berikan kepada tubuh Anda adalah makanan segar dan alami. Makan lauk pauk, buah-buahan, sayuran, dll. sebanyak mungkin. datang langsung  dari pasar atau supermarket tanpa  proses pengawetan. Untuk menjaga pola makan yang sehat, batasi konsumsi makanan kemasan atau kalengan. Ini karena makanan ini sering tinggi gula dan natrium dan mengandung bahan tambahan makanan seperti pengawet dan pewarna buatan.

 

  1. Berhati-hatilah saat makan di luar

Saat makan di luar, berhati-hatilah dengan teknik memasak yang ingin Anda pilih. Jika memungkinkan, pilih hidangan dengan metode memasak yang lebih sehat, seperti merebus, menumis, atau memanggang. Hindari makanan yang digoreng, dimasak pada suhu tinggi atau dengan tambahan minyak dan lemak. Makanlah  yang cukup untuk mengisi perut Anda sehingga Anda tidak merasa kenyang atau terlalu banyak kalori.

Paling aman memang memasak sendiri jadi kita tahu bahan yang digunakan dan proses memasak makanan tersebut. Lengkapilah peralatan dapur dengan peralatan memasak seperti oven gas, penggorengan stainless dan lain sebagainya agar kita dapat dengan mudah memasak makanan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Cerdas Agar Harga Printer Canon Sesuai Budgetmu

Sun Jul 17 , 2022
Kebutuhan akan printer saat ini tidak bisa disepelekan. Pasalnya, banyak kegiatan yang mengharuskan kamu mencetak dokumen misalnya saat membuat laporan pekerjaan, tugas sekolah atau bahkan mencetak alamat pembeli untuk ditempel di paket jika mengelola toko online. Tapi, jangan sampai harga printer Canon yang kamu pilih tidak sesuai budget yang kamu […]