Diare dan Pengobatannya

Diare merupakan penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat di Indonesia. Tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anakpun kerap terserang oleh penyakit tersebut. Salah satu penyebab terjadinya diare sering jajan sembarangan di tempat yang kurang bersih, karena pada tempat yang demikian diindikasikan makanan sudah terkontaminasi bakteri.

Ciri-ciri anda mengalami diare adalah ketika tinja yang anda keluarkan encer dan frekuansi anda BAB lebih sering dari biasanya. Kondisi tersebut tentu menggangu aktivitas sehingga harus segera ditangani. Jika anda gelisah dengan efek samping dari obat-obat yang dijual di apotek berikut cara pengobatan secara alami. 

  • Pengobatan diare untuk orang dewasa

Mengkonsumsi teh hitam

Teh hitam zat tanin. Tanin dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare. Cara penyajiannya yakni mencampur teh hitam dengan chamonile. Minuman tersebut dapat menghasilkan zat anti-infamasi yang mampu mengaobati peradangan pada usus. Agar diare cepat sembuh sebaiknya dikonsumsi sehari 2-3 kali

Mengkonsumsi air rebusan daun jambu biji

Daun bjambu biji dapat dijadikan sebagai obat diare alami untuk dewasa. Berdasarkan penelitian, daun jambu biji terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare yaitu Staphylococcuc aureus dan Esherichia coli. Selain itu dapat membantu memadatkan tinja. Cara mengkonsumsinya, anda cukup merebus 4-5 lembar daun jambu biji yang telah dibersihkan, kemudian air rebusannya diminum tiga kali sehari. 

Mengkonsumsi yogurt

Yogurt mengandung bakteri yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi pada usus. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin sekitar 1-2 kali sehari, namun jika anda memiliki alergi terhadap yogurt, sebaiknya tidak dikonsumsi karena dapat membuat diare semakin parah. 

  • Pengobatan diare untuk anak-anak

Jika anak anda menderita diare, maka jangan langsung diberi obat penyembuh diare yang dijual di warung atau diapotek tanpa resep dari dokter. Hendaknya anda mengobatinya dengan bahan alami, untuk menghindari berbagai macam efek samping. 

Obat diare pada anak alami resep dokter biasanya berupa buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung serat. Misalnya pisang, apel, jambu biji, pear, wortel  dan sebagainya. 

Agar disukai anak-anak, maka bahan-bahan alami tersebut harus diolah semenarik mungkin, namun jangan sampai proses pengolahan mengurangi atau menghilangkan kandungan serat yang ada pada buah dan sayuran tersebut. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *