Fakta Seputar Visa Magang di Jepang yang Harus Anda Tahu

Untuk bisa masuk ke suatu negara, setiap orang harus memiliki visa. Begitu juga bila Anda berniat untuk magang di Jepang. Biasanya, orang masuk ke sini menggunakan visa technical intern training atau dikenal juga dengan gino jisshu. Visa ini ditujukan untuk kerja sama internasional di bidang keahlian, teknik dan pengetahuan. Tapi, sebenarnya seperti apa?

Fakta Visa Technical Intern Training

Perlu Anda tahu, pemagang yang masuk ke Jepang dengan pisa ini memiliki status sebagai technical intern training di tahun pertamanya. Setelah masa berlakunya selesai, maka pemagang bisa mengajukan perubahan visa dengan melewati tes keahlian lebih dulu. Bila lulus, maka si pemagang bisa mendapatkan perpanjangan masa tinggal sebanyak dua tahun.

Untuk melanjutkannya ke kembali ke visa tahap tiga, Anda juga harus melakukan tes lagi. Pemagang yang lulus pun akan mendapatkan masa perpanjangan hingga dua tahun lagi. Namun, pada tahap ketiga ini, si pemegang bisa diwajibkan kembali ke negaranya lebih dulu selama kurang lebih satu tahun.

Namun, di tahun 2019 ini, pemerintah Jepang mengeluarkan jenis visa baru yakni visa pekerja berketerampilan spesifik. Untuk bisa mendapatkan visa ini, Anda wajib mengikuti tes bahasa Jepang dan tes kemampuan pada 14 sektor industri yang ditawarkan. Bila mendapatkannya, Anda bisa memiliki masa lima tahun untuk tinggal.

Bila mau memperpanjang, Anda tetap harus melakukan tes lagi. Bila lolos pada tahap tersebut, maka Anda memiliki masa tinggal tak terbatas. Di Jepang sendiri, ada dua jenis penerimaan magang Jepang. Pertama adalah penerimaan berbasis perusahaan tunggal yang dikirimkan untuk tingkatkan kemampuan di anak perusahaan yang berbasis di Jepang.

Sedangkan jenis kedua adalah berbasis lembaga pengawas yang menerima pemagang dari luar Jepang melalui lembaga yang melakukan perekrutan, pembelajaran dan tahap lainnya. Nah, hampir seluruh pemagang di Jepang saat ini adalah pemegang visa model kedua.

Bagaimana Caranya Bisa Magang ke Jepang?

  1. Daftarkan Diri ke Lembaga Pengiriman Tenaga Kerja yang Terakreditasi

Bila Anda berniat magang di negara Jepang dengan jalur visa kedua, maka Anda harus mendaftarkan diri ke lembaga pengiriman tenaga kerja yang terakreditasi lebih dulu. Untuk bisa mendaftarkan diri, Anda harus berusia di atas 18 tahun dan memiliki paspor yang masih berlaku lebih dari 6 bulan.

Selain itu, Anda juga tidak mengikuti program magang basis perusahaan tunggal. Anda harus ingat, pemerintah Jepang hanya menerima tenaga kerja yang dikirim melalui lembaga pengiriman yang terakreditasi. Itu dilakukan untuk menghindari tindakan kriminalitas yang mungkin dilakukan lembaga pengiriman.

  1. Isi Formulir

Setelah Anda diterima di lembaga pengiriman, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir lamaran. Anda juga akan diminta menandatangani surat kontrak antara perusahaan penerima kerja dan menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan.

  1. Ikuti Pembelajaran ke Jepang

Saat Anda sudah menandatangani kontrak dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan visa, Anda diwajibkan untuk mengikuti pembelajaran. Pembelajaran ini berupa pelajaran Bahasa Jepang, pembagian informasi dasar mengenai kehidupan sehari-hari di Jepang dan lainnya. Tujuannya tentu saja agar Anda tahu seperti apa kehidupan di Jepang nanti.

  1. Persiapan Berangkat

Bila semuanya lancar, maka tibalah saatnya untuk berangkat ke Jepang. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan visa dari pendaftaran biasanya adalah 5 bulan. Pada waktu itu, semua dokumen dan akomodasi harus sudah disiapkan agar bisa masuk ke sana.

Apa Anda tertarik untuk magang Jepang? Di negara ini, tentunya ada banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan dan pelajari. Mulai bagaimana cara kerja orang Jepang yang sangat disiplin dan efisien, cara kehidupannya yang sehat dan masih banyak lagi.

Leave a Comment