Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Secara Kredit

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling diminati oleh masyarakat. Tak hanya harganya yang terjangkau, motor juga dirasa sebagai alat transportasi yang paling praktis untuk dan simple untuk beraktivitas sehari-hari. Bahkan setiap hari di Indonesia selalu ada aktivitas jual beli motor. Sebelum itu berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kredit motor.

Uang Muka, Tentukan Besarnya Cicilan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli motor secara kredit adalah dengan memperhatikan seberapa besar uang muka yang harus dibayarkan. Pasalnya besarnya uang muka yang dibayarkan akan sangat berpengaruh terhadap besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Semakin besar uang muka yang Anda bayarkan maka semakin ringan pula cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Begitu juga sebaliknya. Setiap dealer dan tempat jual beli motor tentunya selalu memiliki price list sekaligus menyertakan informasi berapa cicilan yang harus dibayarkan sesuai dengan besarnya uang muka.

Tenor yang Menentukan Harga Motor

Tak hanya besarnya uang muka saja yang perlu Anda perhatikan. Masa tenor kredit motor juga perlu untuk Anda pertimbangkan. Biasanya setelah menentukan untuk kredit motor, Anda diharuskan untuk memilih masa tenor atau jangka waktu cicilan. Masa tenor yang tersedia biasanya mulai daro 10, 16, 22, 26, 28, 32, hingga 34 bulan.

Panjangnya masa tenor ini juga akan berpengaruh terhadap besarnya angsuran keseluruhan yang harus Anda bayarkan. Semakin panjang masa tenor yang Anda pilih maka semakin cicilan setiap bulannya juga akan semakin ringan. Begitu juga sebaliknya semakin pendek masa tenor maka jumlah cicilan yang harus dibayarkan juga akan semakin besar.

Dokumen Persyaratan Lebih Selektif

Biasanya pihak leasing akan membayarkan harga motor yang Anda inginkan langsung kepada dealer. Namun hal ini hanya dapat diproses ketika pengajuan dan persyaratan pengajuan kredit sudah disetujui. Jadi wajar saja bila pihak leasing biasanya akan meminta beberapa dokumen pelengkap untuk dapat memproses pengajuan kredit motor Anda.

Namun sebelum memutuskannya, pastikan Anda sudah memilih leasing kredit sepeda motor yang sudah terpercaya. Jangan asal memilih. Pasalnya hal ini akan dapat merugikan Anda di kemudian hari. Beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan adalah KTP, slip gaji, fotokopi keluarga, fotokopi KTP, fotokopi PBB, dan lain sebagainya.

Mendapatkan Asuransi dan Biaya Servis Gratis

Ketika Anda memutuskan untuk kredit sepeda motor, biasanya hal ini sudah termasuk dengan fasilitas asuransi kendaraan bahkan termasuk biaya asuransinya. Tak hanya itu saja, pembelian motor secara kredit biasanya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas perawatan motor gratis. Tak hanya memberikan servis gratis sebanyak 4 kali namun juga 1 kalo ganti oli.

Oleh sebab itu sebelum memilih leasing kredit sepeda motor tertentu, pastikan bahwa pihak leasing tersebut juga memberikan asuransi dan biaya servis gratis terhadap motor yang Anda beli. Tentunya Anda tak mau rugi ketika memutuskan untuk membeli motor secara kredit bukan? Untuk itu pastikan Anda memperhatikan poin yang satu ini ya.

Diskon

Siapa bilang membeli motor secara kredit membuat Anda tak bisa mendapatkan diskon? Nyatanya dengan membeli motor secara kredit Anda juga bisa mendapatkan sebuah diskon berupa potongan masa tenor. Sehingga dengan adanya hal ini para konsumen diberikan bonus 1 bulan gratis cicilan pada saat tanggungan Anda sudah selesai.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli motor secara kredit. Mengingat bahwa jual beli motor merupakan proses yang cukup serius. Untuk itu pastikan Anda memikirkannya dengan matang. Jika sudah mendapatkan pihak leasing yang terpercaya Anda bisa mengajukannya dengan membeli motor di dealer resmi Yamaha.

Leave a Comment