Harga HP Nokia 3.1 Plus : 5 Masalah Pada Smartphone dan Cara Mengatasinya

Smartphone saat ini memang banyak ditawarkan di pasaran dengan berbagai merek dan harga yang berbeda, tak terkecuali dengan harga Nokia 3.1 Plus. Bagi pecinta smartphone Nokia sendiri, bisa mencoba keluaran baru yang memang baru-baru ini diluncurkan tersebut.

Layaknya smartphone lainnya, Nokia ini juga menyematkan berbagai fitur canggih pada smartphone besutannya. Jadi untuk Anda yang dulunya pernah menggandrungi HP pabrikan Nokia, kini juga bisa menikmati smartphone yang dirilisnya.

Masalah Pada Smartphone dan Cara Mengatasinya

Sebagaimana perangkat gadget lainnya, smartphone merk apa pun juga bisa bermasalah. Tentu saja masalah ini akan mengurangi kenyamanan pengguna gadget itu sendiri. Ya memang sih permasalahan ini seringkali juga dipengaruhi oleh faktor pemakaian. Apa saja permasalahan yang sering muncul pada smartphone? Berikut ulasannya.

  1. Overheating

Sejak diluncurkannya harga Nokia 3.1 Plus yang mungkin terbilang lumayan untuk kelas menengah, bukan berarti smartphone yang satu ini terbebas dari suatu gangguan yang bernama overheating. Tapi hal ini wajar, karena smartphone lain juga sering terjadi overheating. Tinggal bagaimana pemakaiannya.

Overheating yang terjadi pada smartphone memang tidak bisa terus dibiarkan. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, mulai dari tidak memainkan ponsel ketika proses charging, tidak membiarkan ponsel berada dibawah terik matahari terlalu lama, hingga tidak berlebihan melakukan aktivitas multitasking pada ponsel.

  1. Bootloop

Bootloop itu sendiri merupakan gangguan yang sering terjadi pada handphone jenis apapun dimana sistem tidak dapat masuk ke dalam menu utama sehingga hanya menampilkan logo dari smartphone itu sendiri.

Untuk mengatasinya, Anda bisa me-restart smartphone. Biasanya dengan dilakukan restart sudah bisa membuat smartphone normal kembali.

  1. Hang

Hal ini ditandai dengan sistem operasi melambat sehingga yang perlu diperhatikan adalah mengontrol memori internal yang biasanya terlalu penuh. Adapun yang dapat dilakukan adalah seperti menghapus file sampah (cache). Apabila cache ini dibiarkan dapat menyebabkan sistem melambat dan berujung hang pada smartphone.

Selain file sampah, penyebab smartphone menjadi hang lainnya adalah karena virus. Untuk itu pastikan Anda menginstall anti virus pada smartphone agar tidak ada malware yang menyerang sistem.

  1. Masalah pada touch screen

Tentu Anda pernah mendapati layar touchscreen yang tidak merespon apabila dioperasikan, tidak jarang juga layar tiba-tiba blank, maupun berkedip secara terus-menerus. Hal ini memang sering terjadi pada touchscreen smartphone. Jangan panik dulu ya, ini kondisi yang lumrah dan cukup diatasi dengan melakukan root atau re-start pada smartphone.

  1. HP mati sendiri

HP yang tiba-tiba mati sendiri seringkali membuat Anda kebingungan. Apalagi jika sebelumnya ponsel baik-baik saja dan masih bisa kita operasikan dengan leluasa. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan ponsel tiba-tiba mati sendiri.Mulai dari adanya kerusakan pada mesin, aplikasi yang berjalan cukup banyak hingga suhu lingkungan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan file sampah (cache) secara rutin, serta menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan

Demikianlah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada smartphone. Apabila mendapati masalah-masalah di atas, ada baiknya Anda tetap tenang ya. Dengan begitu Anda bisa berpikir jernih untuk kemudian menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun jika ternyata smartphone tidak kunjung normal kembali, tidak ada salahnya jika Anda membeli HP Baru. Lagi pula harga Nokia 3.1 Pluscukup terjangkau.

 

Leave a Comment