Ini Fungsi dan Jenis – Jenis Mouse Sebenarnya yang Harus Kamu Pahami

Ketika sedang mengoperasikan komputer, kamu tidak akan lepas dari perangkat keras yang satu ini. Ya, benar device ini disebut dengan mouse, bertugas untuk menunjang pengoperasian komputer secara menyeluruh. Mouse adalah perangkat keras komputer yang menerima masukan berupa gerakan, tekanan dan scrolling. Mouse bisa digunakan untuk memilih folder, ikon, teks dan file. Dalam bahasa Indonesia, mouse memiliki padanan kata tetikus. Namun kata ini jarang dipakai karena kebanyakan masyarakat lebih menyukai penggunaan kata aslinya.

Fungsi mouse

sumber : liputan6.com

Mouse memiliki sejarah yang sangat panjang. Dulu bentuk mouse sangat standar dan kurang menarik. Seiring dengan perkembangan zaman bentuk mouse berubah secara drastis dan lebih mudah untuk digunakan. Saat ini bentuk dan harga mouse sangat variatif. Perangkat keras yang satu ini memiliki banyak fungsi yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mouse berfungsi untuk mengeksekusi sebuah program. Untuk membuka file atau menjalankan program kita harus melakukan double klik pada mouse di tangan kita.
  • Berguna untuk memilih objek, memilih adalah pekerjaan yang selalu kita kerjakan ketika sedang menjalankan komputer. Dengan mouse kita bisa memilih file, program, folder, dll.
  • Hover mouse memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi. Hover adalah tindakan untuk mengarahkan mouse pointer di atas file untuk mendapatkan informasi tentang file tersebut.
  • Melakukan aktivitas drug and drop. Aktivitas drug and drop memungkinkan kita memindahkan beberapa item yang ada dalam komputer serta melakukan cut, move dan
  • Melakukan tindakan Scroll. Scrolling adalah tindakan untuk menjelajahi sebuah halaman. Ketika sedang membaca artikel biasanya kamu harus menjelajah halaman dengan melakukan scrolling menggunakan mouse.

Namun demikian alat dengan harga yang murah ini ternyata memiliki manfaat yang sangat beragam. Hebatnya lagi komputer kamu tidak akan bisa dioperasikan jika tidak terhubung dengan mouse.

Jenis-jenis Mouse

Dari waktu ke waktu bentuk dan cara kerja mouse terus berevolusi. Dulu bentuk mouse sangat sederhana dengan tampilan yang kurang menarik. Saat ini konsumen bisa memilih mouse yang diinginkan dengan mudah karena ada banyak jenis mouse yang dijual dipasaran. Setiap mouse memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis mouse yang harus diketahui:

  1. Mechanical Mouse

sumber : lelong.com

Mechanical mouse memiliki sebuah bola pada bagian bawahnya. Bola ini bisa bergerak ke segala arah. Pergerakan bola ini diterjemahkan oleh komputer sebagai pergerakan pointer pada monitor. Mechanical mouse masih banyak digunakan sampai akhir tahun 2008. Seiring berjalannya waktu mouse jenis ini mulai ditinggalkan dan orang beralih ke mouse jenis terbaru yang lebih baik.

  1. Optomechanical Mouse

sumber : pctechguide.com

Optomechanical mouse merupakan generasi kedua dari mechanical mouse. Mouse jenis ini masih memiliki bola pada bagian bawahnya dan dilengkapi dengan sinar yang mempresentasikan koordinat pointer pada monitor. Hal ini membuat optomechanical mouse memiliki presisi lebih baik dari mechanical mouse.

  1. Optical Mouse

sumber : pinterest.com

Optical mouse merupakan mouse generasi terkini yang tidak menggunakan sistem mekanik sama sekali. Sebagai gantinya optical mouse menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse. Tidak seperti optomechanical mouse, optical mouse bisa bekerja secara maksimal meski tidak menggunakan mousepad.

Mouse merupakan alat kecil yang tak pernah terlepas ketika kamu mengoperasikan komputer. Harga mouse bisa dibilang murah dan bentuknya juga sederhana. Tetapi dibalik semua itu mouse komputer memiliki peran yang sangat vital dalam pengoperasian sebuah komputer secara menyeluruh.

Leave a Comment