Inilah 7 Bahan Makanan Alami yang Memiliki Kandungan Omega-3 Tinggi

Asam lemak Omega 3 selain dikenal memiliki nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak, juga memiliki manfaat untuk mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan penyakit kronis, semisal penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penuaan. Ikan dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung asam lemak Omega 3 tinggi, yaitu asameicosapentaenoic (EPA) dan asamdocosahexaenoic (DHA), yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Maka untuk tetap menjaga kesehatan baik orang dewasa maupun anak dan remaja, seringkali masyarakat mengonsumsi produk kapsul minyak ikan.

Namun, selain produk tersebut, ada juga bahan makanan alami yang dikenal kaya mengandung Omega 3. Di negara negara Barat, mereka umumnya diasap dan dimakan sebagai fillet utuh. Dalam 100 gram ikan marakel terkandung 5.134 mg Omega 3. Ini adalah jumlah yang tinggi.

Selain itu, makarel juga mengandung vitamin B12 dan selenium. Salmonmengandung protein berkualitas tinggi dan berbagai nutrisi, termasuk sejumlah besar vitamin D, selenium, dan vitamin B. Dengan rutin mengonsumsi ikan satu ini, kita bisa memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, dimensia, dan depresi.

100 gram ikan salmon mengandung 2.260 mg Omega 3. Untuk kita yang tinggal di Indonesia, mungkin agak sulit menemukan ikan haring. Namun, di negara negara Eropa, ikan ini cukup terkenal dijadikan hidangan atau bahkan camilan. Omega 3 yang terkandung di 100 gram ikan Haring adalah 2.366 gram.

Di restoran restoran kelas atas, kita akan bisa melihat tiram disajikan mentah dan segar. Kandungan Omega 3 pada tiram memang tidak sebanyak ikan ikan di atas. 100 gram tiram mengandung 435 mg Omega 3. Sarden mengandung Omega 3 yang lebih banyak dibanding tiram, yaitu 1.480 mg per 100 gram.

Selain itu, dia juga mengandung vitamin B12, vitamin D, dan selenium. Selain dikenal sebagai sumber kalsium, teri juga memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi. Dalam penyajian 100 gram, terkandung 2.113 mg Omega 3.

Kaviar terdiri dari telur ikan. Dia termasukbahan makanan mewah di beberapa negara, sehingga restoran restoran biasanya hanya menggunakan kaviar dalam jumlah kecil di dalam hidangan. Kaviar mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat melimpah.

Dalam 100 gram kaviar terdapar 6.786 mg Omega 3.

Leave a Comment