Inilah Manfaat Tachometer yang Wajib Kamu Tahu!

Apakah kamu masih asing dengan istilah tachometer? Jika tidak biasa dengan istilah tersebut, mungkin kamu lebih familier dengan istilah RPM (Revolution per Minute). Alat yang mulai digunakan sejak tahun 1840 ini, telah dipakai di berbagai alat bermesin. Biasanya paling sering digunakan pada mesin kendaraan, sebagai contoh seperti Mitsubishi Fighter terbaru.

Apa Itu Tachometer?

Tachometer merupakan kata lain dari RPM (Revolution per Minute), yaitu sebuah alat untuk mengukur perputaran mesin. Dulunya, tachometer muncul dalam bentuk dial, yakni pengukur kecepatan dengan menggunakan jarum sebagai petunjuknya. 

Namun, seiring perkembangan teknologi, tachometer kini telah hadir dalam bentuk digital, yang memiliki tingkat keakuratan yang lebih tinggi.  Tachometer akan menunjukkan tingkat perputaran pada poros mesin dan indikasi jangkauan keselamatan dari perputaran tersebut. 

Apa Saja Manfaat Tachometer?

Setelah membahas mengenai apa itu tachometer, berikutnya akan dibahas lebih lanjut tentang manfaat tachometer. Berikut ini penjelasannya!

  1. Manfaat Tachometer untuk Kendaraan Bermotor

Pada kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil atau truk, tachometer sangat berguna untuk menuntun pengendara dalam mengoperasikan kendaraan. Mengapa demikian? 

Karena dengan tachometer, pengendara akan tahu saat yang tepat untuk mengganti posisi gigi. Jika pengendara mampu mengganti gigi di saat yang tepat, yaitu saat mesin mencapai torsi maksimum, maka akan lebih menghemat penggunaan bahan bakar.

Selain dapat menghemat bahan bakar, kelebihan tachometer bagi pengendara ialah untuk mengetahui laju kendaraannya dan menunjukkan indikasi jangkauan keselamatan dari perputaran mesin. 

Hal ini dapat membantu pengendara dalam menyesuaikan kecepatan dan mengatur rotasi mesin untuk segala macam kondisi berkendara, terutama pada kendaraan bermuatan besar seperti, truk. Keberadaan tachometer pada truk sangat penting untuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan selama mengemudikannya.

Sebelum mulai mengemudi truk, pastikan bahwa mesin dan tachometer berfungsi dengan baik. Sebagai contoh, Mitsubishi Fighter terbaru yang memiliki banyak varian jenis truk dengan kategori muatan medium, mulai dari 14,23 hingga 26 ton. 

Tachometer sendiri memiliki beberapa jenis. Ada tachometer optic, tachometer DC, dan rotor bergigi. 

  1. Manfaat Tachometer untuk Pesawat Terbang

Tachometer juga selalu dipasang pada setiap mesin pesawat terbang. Tidak hanya pada mesin pesawat, tachometer juga dipasang pada baling-baling. Hal tersebut penting untuk mengetahui kecepatan putar baling-baling pesawat. 

Tujuan pemasangan tachometer pada mesin dan baling-baling pesawat adalah untuk memudahkan pada saat tahap pengecekan. Apabila terdapat masalah di salah satunya, maka cara penanggulangannya akan lebih cepat ditemukan dan diatasi. 

  1. Tachometer Dalam Dunia Kedokteran

Kelebihan tachometer juga bisa dirasakan dalam bidang kesehatan. Dunia medis sangat sering memanfaatkan alat ini untuk mendeteksi aliran darah pada pasien. 

Dengan mengetahui seberapa cepat laju peredaran darah dalam tubuh pasien, maka dapat memudahkan pihak medis untuk mengetahui apakah terjadi penyumbatan dalam pembuluh darah pasien atau tidak. 

Penyumbatan aliran darah merupakan hal yang biasa terjadi dalam dunia kedokteran. Dengan menggunakan tachometer, pihak medis dapat lebih cepat mengidentifikasi penyebabnya jika hal tersebut memang terjadi. Penyebabnya bisa berasal dari virus, bakteri, maupun kuman pada darah pasien.

Sudah Tau Apa Saja Manfaat Tachometer?

Nah, demikian sedikit penjelasan mengenai manfaat tachometer. Semoga setelah membaca artikel ini, wawasan dan pengetahuan kamu semakin bertambah, ya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Cara Mudah Mengirim Paket ke Luar Negeri

Mon Sep 13 , 2021
Di zaman yang serba modern seperti saat ini kirim barang ke Finlandia bukan angan – angan lagi. Mengirim paket ke luar negeri adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.  Tentunya proses pengiriman tersebut dilakukan dengan pelayanan yang cepat, aman dan tepat. Nilai plusnya kegiatan […]