Istilah dalam Olshop : Pengertian Reseller Adalah

Di tengah kondisi pandangan seperti sekarang, Anda mungkin bisa mencoba untuk mencari penghasilan tambahan dengan membuka bisnis. Namun terkadang kendala utama yang dihadapi ketika ingin membuka bisnis yaitu modal. Tapi nyatanya, Anda masih bisa membuka bisnis sekalipun hanya menggunakan kecil, yaitu dengan Anda menjadi reseller. Berikut ini akan diulas mengenai apa itu reseller, serta bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Reseller dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, maka proses bisnis saat ini pun bisa dilakukan secara online. Salah satunya yaitu dengan Anda menjadi reseller yang menawarkan produk secara online. Secara harfiah memiliki arti reseller adalah penjual kembali.

Kata tersebut menyatakan cara penjualan dimana disini Anda tidak harus memproduksi ataupun membuat produk sendiri, tapi Anda hanya perlu membeli produk dari para supplier serta menjual kembali produk tersebut.

Reseller bisa saja merujuk pada sebuah perusahaan atau perseorangan yang melakukan aktivitas pembelian dengan maksud dan tujuan untuk menjual kembali. Dengan memakai sistem reseller ini, maka Andapun tidak harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar guna memberi peralatan produksi ataupun biaya-biaya terkait operasional lainnya.

Selain menjadi reseller, terdapat juga dropshipper dimana secara garis besar memang keduanya mirip, namun perbedaan terdapat pada cara penjualannya. Untuk seorang reseller, mereka perlu membeli produk lebih dahulu dan hal itu berbeda dari dropshipper yang tidak melakukan proses pembelian dan hanya melakukan pemasaran saja.

  • Anda yang tertarik untuk menjadi reseller, maka berikut ini adalah beberapa hal yang Anda butuhkan. Antara lain yaitu:
  • Niat serta kesungguhan hati untuk menjalankan bisnis.
  • Modal, baik itu berupa modal uang dan juga pengetahuan mengenai proses jual beli.
  • Relasi supplier atau teman yang akan memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis.
  • Planning dan Teknik Pemasaran.

Secara garis besarnya reseller nanti akan membeli produk dari pihak pertama yang mana disini bisa berupa supplier, produsen, distributor ataupun lainnya. Dan setelah itu reseller akan melakukan penjualan produk tersebut. Untuk lebih detailnya, berikut akan diulas satu persatu cara kerja dari reseller.

Memilih Produk

Sebelum memulai bisnis, tentu disini Anda perlu menentukan dan memilih produk yang nantinya hendak Anda pasarkan. Saat menentukan produk tersebut, maka Anda perlu untuk melakukan analisis terkait permasalahan, keresahan ataupun kebutuhan yang paling banyak dialami oleh masyarakat sekitar Anda. Dengan mengetahui ketiga hal tersebut, tentunya Anda bisa menentukan produk yang nantinya akan memberikan profit secara rutin serta dalam jangka waktu panjang.

Melakukan Kerjasama Dengan Supplier

Oleh karena fokus utama dari reseller yaitu untuk memasarkan dan menjual produk, maka Anda perlu memilih membangun relasi dengan supplier maupun produsen yang benar-benar tepat. Hal itu dilakukan supaya produk yang nantinya akan Anda jual memang benar-benar terjamin kualitasnya dan juga ketersediaannya,

Itulah yang membuat bisnis reseller ini jauh lebih aman, jika dibandingkan dengan dropshipper. K Anda tidak akan dibuat pusing oleh stok barang yang habis di supplier sedangkan ada konsumen yang menunggu barang tersebut. Ketika Anda melakukan kerjasama dengan pihak supplier, maka Anda jangan hanya mempunyai satu reseller saja, karena hal tersebut memang sangat beresiko bagi kelanjutan bisnis.

Lakukan Pemasaran

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, tanggung jawab dan tugas dari seorang desainer yaitu memasarkan dan menjual produk. Anda bisa menggunakan media sosial ataupun bergabung di marketplace untuk memasarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Perbedaan Jealous dan Envy Artinya

Sat Jan 15 , 2022
Envy artinya dalam penggunaan ini berkaitan dengan cemburu, dengki, dan juga iri hati terhadap sebuah hal. Jika jealous biasanya digunakan untuk dalam sebuah hubungan asmara atau hubungan percintaan dan masih banyak yang membedakan. Untuk envy sendiri biasanya untuk kehidupan sehari-hari dalam penggunaan katanya dalam arti yang memiliki makna berbeda lagi. […]