Jelang Nisfu Syaban, Sudah Boleh Puasa, Yuk Jaga Kesegaran Tubuh, Ini Trik Hindari Dehidrasi

Di bulan Syaban ini, tidak jarang umat muslim melakukan ibadah puasa sunah, Ayyamul Bidh yang bisa digabung dengan Puasa Nisfu Syaban 2019. Puasa Ayyamul Bidh yang jatuh pada tanggal 13,14 dan 15 Syaban bertepatan dengan tanggal 19 21 Maret 2019. Itu artinya, puasa Ayyamul Bidh ini bisa digabung pelaksanaannya dengan puasa Nisfu Syaban 2019 yang dimulai pada Jumat, (19/04/2019) hari ini.

Seperti diketahui, puasa Nisfu Syaban 2019 jatuh pada 21 April 2019. Jika kamu yang sebelumnya telah melaksanakan puasa hari pertama di bulan Syaban, bisa berpuasa ayyamul bidh pada tanggal 13,14, dan 15 Syaban. Sebenarnya puasa Ayyamul Bidh tidak hanya dilaksanakan setiap bulan Sya'ban saja, tapi pada setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan bulan lain dalam kalender hijriah.

Sebelum melaksanakan ibadah tersebut, kamu harus memperhatikan bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh yang dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah. Untuk bulan Rajab ini, puasa ayyamul bidh akan jatuh pada: Jum'at, 13 Sya'ban 1441 H/ 19 April 2019: Puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari pertama

Sabtu, 14 Sya'ban 1441 H/ 20 April 2019: Puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari kedua Minggu , 15 Sya'ban 1441H/21 April 2019 : Puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari ketiga. Selama berpuasa, kita membutuhkan tips puasa sehat agar terhindar dari dehidrasi.

Hal ini supaya saat puasa kita selalu fit selama berpuasa, maka tips puasa sehat akan membantu Moms. Sebab bila tidak dilakukan dengan benar, puasa justru akan berbahaya untuk dilakukan. Berikut ini tips puasa sehat yang bisa Moms ikuti yaitu memilih buah buahan yang menjaga Moms tetap terhidrasi meski puasa sepanjang hari.

Terhidrasi tidak hanya dipenuhi dari air putih saja Moms. Menurut British Nutrition Foundation, kita perlu mendapatkan sekitar 20% kebtuhan cairan dari makanan yang kita konsumsi. NHS Eatwell Guide merekomendasikan asupan harian enam hingga delapan gelas cairan untuk mempertahankan tingkat hidrasi yang optimal.

Selain itu, makan makanan yang tepat dapatmengurangi rasa haus dan perasaan kering Moms selama berpuasa. Buah buahan ini dapat Moms konsumsi saat sahur dan buka puasa untuk mencegah dehidrasi. Penelitian dari University of Aberdeen mengidentifikasi semangka sebagai buah hidrasi superstar.

Sebab semangka mengandung 92% air, bersama dengan 8% gula dan berbagai garam mineral yang penting untuk hidrasi optimal, termasuk natrium, magnesium, dan kalium. Mentimun dikemas dengan H20 lebih banyak dari semangka, dengan kadar air 96%. Mengunyah mentimun, menurut penelitian University of Aberdeen, memberikan tingkat hidrasi yang sama dengan dua kali volume air, berkat garam dan gula mineral salad sayuran, yang meniru keseimbangan elektrolit alami tubuh.

Pisang dikemas dengan kalium, salah satu elektrolit yang paling penting, serta 74% air. Dehidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, jadi makan makanan yang kaya kalium seperti pisang ketika buka puasa akan mencegah terjadinya hal tersebut. Selain bergizi luar biasa, tomat dapat membantu tubuh tetap sehat dan terhidrasi.

Sebab tomat mengandung 94% air, kupas kulitnya untuk mendapatkan manfaat hidrasi yang maksimal. Stroberi memiliki kandungan air tertinggi dari semua buah beri, bahkan sebanyak 92%. Hal ini menjadikan stroberi sebagai buah dengan kemampuan hidrasi yang juga memiliki rasa enak.

Stroberi akan membantu memecah serat,serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap air yang kita minum. Itu dia Moms tips puasa sehat dengan buah buahan yang bisa Moms konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. (

Leave a Comment