Kelebihan Kerajinan dari Kain Perca

Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali bahan yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan. Salah satunya yaitu kerajinan dari kain perca. Tentunya di sini Anda sudah tidak akan asing lagi dengan kain perca. Kain tersebut memang bisa dibuat dari bahan apapun, karena memang terdiri dari sisa-sisa kain yang memang tidak dipakai. Untuk pabrik konveksi atau pakaian, kain perca merupakan jenis limbah yang biasanya akan dibuang.

Jumlah yang besar tersebut akan membuat pabrik tentu merasa sulit dalam memprosesnya. Bagi sebagian besar orang kain ini merupakan barang ekonomi yang bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Dalam artikel kali ini akan diulas mengenai apa saja kelebihan kerajinan dari kain perca yang perlu untuk diketahui.

Apa Saja Kelebihan Kerajinan dari Kain Perca?

 

Kain perca merupakan kain yang dibuat dari potongan kain-kain besar. Kain perca merupakan hasil sisa potongan dari kain besar tersebut. Bahan dari kain perca nantinya bisa dipakai untuk apa saja tergantung dari si pembuat.

Namun dalam menggunakan kain perca ini tentunya seseorang harus mengerti teknik menjahit tambal sulam yang baik dan benar. Selain itu juga si pengrajin harus memakai mesin jahit atau menjahit menggunakan tangan dengan terampil.

Saat ini penggunaan kain perca untuk digunakan sebagai bahan kerajinan memang seringkali dilakukan. Anda bisa membuat berbagai macam kerajinan yang unik serta menarik. Selain itu tak dapat dipungkiri bahwa kerajinan dari bahan ini memiliki banyak sekali peminat.

Menggunakan limbah kain sebagai bahan untuk membuat kerajinan juga akan mengurangi pencemaran lingkungan. Karena nantinya kain perca tersebut akan diolah menjadi produk lain yang memiliki nilai guna untuk kebutuhan sehari-hari.

Ada banyak macam kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan kain perca. Seperti contohnya telapak meja, sarung bantal, benda sehari-hari, penutup kulkas dan lain sebagainya. Kain perca bahkan juga mempunyai keunikan dan motif tersendiri yang mana dipadukan dengan bahan-bahan lain.

Ada banyak sekali kelebihan menggunakan kain perca tersebut untuk membuat kerajinan. Kelebihan tersebut antara lain yaitu:

Lebih Mudah Didapat

Membuat kerajinan dari kain perca yang lebih mudah dalam hal mendapatkan bahannya. Anda bisa dengan mudah memperoleh kain tersebut dari banyak penjahit ataupun langsung dari pusat konveksi. Disana nantinya Anda akan melihat kain yang dikumpulkan di dalam sebuah wadah tertentu.

Nantinya Anda bisa membeli kain perca tersebut untuk dipakai sebagai bahan dalam membuat kerajinan. Jenis kain tersebut dijual dengan harga yang cukup murah oleh karena kain ini terbuat dari sisa kain yang dipakai.

Mengurangi Limbah Pabrik

Pabrik konveksi pastinya akan memakai bahan dalam pembuatan pakaian dan beberapa potongan sisa kain pastinya akan dibuang. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan pemborosan. Namun ketika diproses secara tepat, maka kerajinan berbahan kain tersebut bisa bermanfaat untuk mengurangi limbah, serta jauh lebih efektif dalam mendaur ulang produk.

Bisa Dipakai untuk Peluang Bisnis

Mungkin jenis kain tersebut awalnya tidak berguna dan tidak dilirik untuk dijadikan bahan apapun. Namun jika dipikirkan kembali, kain perca bisa dipakai untuk peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Karena memang kain perca dapat digunakan sebagai bahan kerajinan yang memiliki banyak peminat di tanah air.

Kerajinan yang Lebih Bervariasi

Membuat kerajinan menggunakan bahan dari kain perca memang jauh lebih bervariasi jika dibandingkan dengan bahan-bahan lain. Seperti yang kita tahu, kain perca merupakan kain sisa dari kain-kain yang sudah dipakai. Pastinya di sini memiliki banyak ukuran dan warna. Hal itu pula yang akhirnya membuat bahan tersebut bisa digunakan berbagai macam kerajinan menarik dan variatif.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kenali Lebih Dalam Tentang Portofolio Investasi

Mon Mar 14 , 2022
Portofolio investasi tidak harus rumit.¬†Disini anda bisa menggunakan dana atau bahkan robo-advisor untuk membangun portofolio yang sederhana dan efektif. Seperti industri lainnya, investasi memiliki bahasanya sendiri. Dan untuk istilah yang sering digunakan orang adalah “portofolio investasi”, yang mengacu pada semua aset yang Anda investasikan. Membangun portofolio investasi mungkin tampak menakutkan, […]