Ketahui 5 Cara Membuat SKCK Online Cepat dan Mudah

Kemajuan teknologi membawa dampak yang cukup baik serta memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Membuat urusan menjadi lebih efisien tanpa menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Salah satu kemajuan teknologi yang paling nyata dirasakan oleh kita ialah internet. Dengan internet, kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi pelayanan masyarakat pun menjadi lebih mudah dan terbuka, salah satunya dalam pembuatan SKCK online.

Cara Membuat SKCK Online

Dulu saat kita membutuhkan SKCK untuk kebutuhan melamar pekerjaan, kita harus pulang dulu ke kampung halaman. Karena pembuatan SKCK tidak bisa diwakilkan. Berbeda dengan masa sekarang yang bisa diakses melalui internet. Namun, untuk urusan persyaratan tentu saja sama seperti membuat SKCK offline. Kita akan diminta scan KTP/SIM, kartu keluarga, akta kelahiran, surat pengantar dari kantor kelurahan, dan pas foto. Setelah persyaratan terkumpul, untuk cara membuat SKCK-nya dapat disimak pada uraian di bawah ini.

  • Akses Website Resmi

Untuk website resmi pembuatan SKCK online dapat diakses melalui skck.polri.go.id. Jika sudah masuk pada website tersebut, Anda akan diarahkan ke menu pengisian data pribadi. Dalam hal ini, Anda akan diminta mengisi nama, NIK, wilayah Polres, hingga yang paling akhir diminta mengupload berkas persyaratan.

  • Isi Alamat

Setelah selesai melakukan tahap pertama, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Di halaman tersebut Anda diwajibkan mengisi nama ayah dan ibu kandung, alamat tempat tinggal, pekerjaan, hingga saudara kandung. Pengisian ini untuk memastikan bahwa Anda memang memiliki keterikatan anak dan saudara dengan keluarga. Karena data tersebut akan terdeteksi secara online.

  • Isi Data Pendidikan

Kemudian Anda akan diminta mengisi data pendidikan yang memuat nama sekolah dan tahun lulus. Kebutuhan data pendidikan selain untuk memverifikasi secara online ialah untuk menentukan posisi atau jabatan yang akan Anda terima, jika SKCK online ini dipergunakan untuk persyaratan melamar kerja. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda mengisinya dengan berbohong karena data sudah tersimpan secara digital.

  • Mengisi Kotak Dialog

Langkah terakhir sebelum submit, Anda akan ditanyakan beberapa hal, salah satunya pertanyaan tentang apakah Anda pernah terlibat tindak pidana atau tidak. Setelah Anda mengisinya langsung saja tekan next. Untuk langkah terakhir ialah klik Kirim Data untuk memastikan bahwa permohonan SKCK online Anda sedang diproses. Kemudian catat nomor registrasi untuk ditukarkan dengan SKCK aslinya ke Polsek.

Demikianlah cara membuat SKCK online secara mudah dan cepat. SKCK sendiri menjadi dokumen yang penting, sehingga Anda mesti berhati-hati saat mengisinya. Untuk mencari informasi lainnya tentang SKCK online ini dapat Anda temukan di berita otomotif pada website resmi toko-toko yang menjual barang otomotif.

Leave a Comment