Kredit Mobil Bekas di Leasing atau Bank, Ini Lebih dan Kurangnya

Memiliki sebuah mobil saat ini bukan hanya sekedar gengsi saja, melainkan sebuah kebutuhan. Oleh sebab itu, tak jarang banyak orang yang lebih memilih melakukan kredit mobil bekas saja karena harganya yang terjangkau. Anda bisa pilih kredit di leasing ataupun di bank. Namun, apa saja lebih dan kurang dari kredit mobil di dua tempat ini?

Persamaan Keduanya

Sebelum Anda tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari kredit di dua tempat ini, ada baiknya Anda tahu dulu persamaan keduanya. Pesamaan di antara keduanya bisa dilihat berdasarkan Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP tertanggal 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian KPR dan KKB.

Isi dari surat edaran tersebut adalah down payment dikenakan minimal 30 persen untuk pembelian kendaraan roda empat non produktif. Itu artinya, ketika akan kredit mobil di dua lembaga ini, Anda harus menyiapkan dana minimal 30% dari total harga mobil sebagai uang muka.

Anda juga diwajibkan menyerahkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk melakukan kredit kendaraan bermotor terutama roda empat di dua tempat ini. Syarat dokumen itu terdiri dari slip gaji, KTP atau surat keterangan domisili, kartu keluarga, akta kelahiran dan beberapa dokumen penting lainnya.

Kredit di Bank

Setelah tahu apa saja persamaan di antara dua lembaga kredit ini, selanjutnya Anda bisa lanjut mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Untuk kelebihan kredit mobil bekas di bank, bunga pinjaman atau kredit biasanya jauh lebih rendah dibanding di leasing. Anda juga bisa melakukan pelunasan lebih cepat dengan mudah di tempat ini.

Dengan begitu, Anda tentunya akan lebih ringan dalam beban angsuran setiap bulannya. Hanya saja, Anda harus siap menempuh prosedur yang berbelit-belit bila menggunakan jalan yang satu ini. Anda diharuskan menyerahkan beberapa dokumen penting seperti yang sudah disebutkan di atas.

Setelah itu, Anda juga diharuskan mengikuti peninjuan yang dilakukan oleh pihak bank. Peninjauan ini bertujuan untuk survei. Tim yang dibentuk bank akan datang ke tempat tinggal Anda sebelum menyatakan pengajuan kredit Anda lolos.

Kredit Melalui Leasing

Lalu, bagaimana dengan kredit via leasing? Keuntungan dari kredit via leasing adalah proses yang lebih mudah dibanding yang ada di bank. Pengajuan kredit Anda akan lebih cepat diterima dan kemungkinannya sangat besar. Selain itu, Anda juga akan didampingi oleh staff khusus yang akan menemani Anda selama menjalani proses pengjuan kredit.

Pendampingan ini sampai pinjaman Anda dinyatakan lolos oleh pihak leasing dan proses adminitrasinya selesai. Hanya saja, ada kemudahan yang didapat ada juga biaya yang harus Anda bayarkan. Yup! Biaya yang harus dikeluarkan untuk kredit di leasing ini jauh lebih tinggi.

Salah satunya bisa Anda lihat pada suku bunga per bulan yang ditetapkan. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan. Biaya itu terdiri dari biaya admisnitrasi, biaya provisi, biaya balik nama dan biaya asuransi yang besarannya cukup lumayan. Biaya-biaya ini juga harus dibayar di muka sebelum Anda melanjurkan kredit kendaraan bermotor di leasing itu.

Nah, setelah mengetahui lebih dan kurang dari kredit mobil bekas di leasing ataupun di bank, mana yang Anda pilih? Mau cepat dan tak ribet, silahkan menggunakan bantuan leasing. Namun, kalau mau yang lebih terjangkau, Anda harus menghadapi proses yang lebih panjang di bank. Tapi, pada akhirnya Anda akan tetap dapat mobil yang diinginkan, kok!

Leave a Comment