Mengenal Senam Lansia : Pengertian dan Macam – Macam Gerakannya

Olahraga menjadi salah satu metode yang efektif untuk anda kerjakan dengan tujuan agar bisa mendapatkan kebugaran jasmani, terutama bagi lansia. Karena fungsi tubuh berubah sesuai dengan pertambahan umur. Jadi bagi lansia yang aktif berolahraga sudah terbukti lebih sehat.

Salah satu jenis olahraga yang dapat anda lakukan dengan mudah serta murah, khususnya bagi lansia yaitu senam. Dengan melakukan senam tidak memerlukan banyak alat serta dapat dilakukan di rumah. 

Senam dapat menjadi opsi yang bisa anda pilih. Agar lebih mengenal senam lansia, jadi anda bisa simak tentang ulasan singkatnya di bawah ini. Senam lansia merupakan olahraga ringan yang mudah dilakukan, jadi tidak akan memberatkan kepada lansia. 

Olahraga jenis ini bisa membantu Anda agar tubuh tetap sehat dan bugar. Karena melatih tulang agar tetap kuat, maka senam ini dapat membantu hilangkan radikal bebas di tubuh, dan mendorong jantung agar bekerja secara optimal. Berikut adalah beberapa macam – macam gerakan senam lansia yang perlu diketahui, antara lain yaitu :

Lantas, Apa Saja Maca – macam Gerakan Senam Lansia ?

 

  • Berjalan Dengan Cara Jari Kaki Menyentuh Tumit

Untuk gerakan senam ini sangat bermanfaat dalam melatih keseimbangan tubuh lansia. Cara untuk melakukannya yaitu, posisi tubuh dalam keadaan berdiri tegak. Kemudian kaki kanan melangkah kedepan, dan tumit di dempetkan ke jari kaki yang sebelah kiri. 

Ulangi cara tersebut, tapi ganti dengan kaki yang satunya. Usahakan supaya tubuh tetap tegak dan pastikan bahwa lansia melangkah setidaknya 5 langkahan.

  • Berdiri dengan Satu Kaki

Gerakan selanjutnya yakni berdiri dengan satu kaki, yang mana gerakan ini juga menjadi salah satu bentuk latihan dalam keseimbangan lansia. Bukan hanya itu saja, gerakan senam lansia ini bermanfaat untuk melatih kekuatan dari otot – otot kaki. 

Caranya juga cukup mudah yaitu, lansia berdiri dalam posisi menghadap ke tembok. Kemudian rentangkan tangan lansia ke depan sampai telapak tangan bersentuhan dengan tembok. 

Selanjutnya, angkat kaki sebelah kanan dengan pelan sampai setinggi pinggul. Lalu, tahan sekitar 5-10 detik, dan turunkan kaki perlahan. Ulangi gerakan yang sama untuk kaki seebelah kiri. Anda bisa melakukannya sebanyak 3 kali untuk kaki masing-masing.

  • Angkat Kaki Ke Belakang

Gerakan senam lansia ini yaitu dengan mengangkat kaki lansia ke belakang. Ini bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh, manfaat gerakan ini yaitu untuk melatih kekuatan punggung bawah dan otot bokong. 

Cara melakukannya yaitu mudah, pertama lansia harus berdiri dengan tegak di belakang bangku. Lalu, pegang sandaran bangkunya menggunakan kedua tangan. Kemudian angkat kaki kanan dengan perlahan, serta luruskan ke belakang. Tahan selama 5-10 detik. Perlu diperhatikan bahwa kaki kanan masih dalam keadaan berdiri lurus. 

Anda juga perlu mencondongkan badan lansia ke depan. Dan kembalikan kaki kiri pada posisi yang semula, lakukan gerakan yang sama pada kaki kanan. Ulangi cara ini sebanyak 15 kali di setiap kaki.

  • Berjalan Menyamping

Dan yang terakhir ini merupakan gerakan senam yang bermanfaat dalam melatih kekuatan otot kaki lansia. Sementara cara untuk  melakukannya begitu mudah sekali, yaitu pertama berdiri dalam posisi yang tegak, dan rapatkan kedua kaki. 

Kemudian langkahkan kaki ke arah samping dengan pelan. Lalu, kaki yang satunya mengikuti cara yang sebelumnya. Dan yang perlu anda pastikan dalam melakukan gerakan yang satu ini, pastikan bahwa pinggul masih sama dengan posisi yang tidak menurun. Dan Anda bisa melakukan hal ini sekitar 10 langkahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

EQUITY CROWDFUNDING JADI ALTERNATIF PERMODALAN

Fri Oct 1 , 2021
Untuk meningkatkan daya serap dana investasi dari masyarakat, equity crowdfunding syariah hadir sebagai salah satu instrumen alternatif untuk mengajak masyarakat Indonesia ikut andil dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Crowdfunding sendiri adalah teknik pendanaan untuk proyek atau unit usaha yang melibatkan masyarakat secara luas.  Konsep crowdfunding pertama kali dicetuskan di […]