Mengenal Tugas-Tugas Perawat Lansia di Rumah dari Homecare24

Lansia merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan seseorang yang sudah memasuki usia lanjut, biasanya sekitar 65 tahun ke atas. Dengan usia tersebut,  fisik para lansia biasanya sudah tidak sekuat ketika mereka masih muda. Belum lagi jika menderita suatu penyakit tertentu, maka pasti akan membuatnya semakin memiliki keterbatasan. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya berbagai layanan perawatan untuk lansia di rumah terutama bagi lansia dengan kondisi tersebut. Untunglah, saat ini perawat lansia semakin mudah ditemukan, salah satu yang terbaik dan terpercaya yaitu https://homecare24.id/layanan/menjaga-lansia . 

Kebanyakan lansia memang lebih nyaman berada di rumah sendiri untuk menghabiskan masa tua dibandingkan harus dirawat di panti jompo atau rumah sakit. Dengan hadirnya perawat lansia Homecare24, tentu bisa menjadi kabar baik bagi para lansia. Selain itu, bagi pihak keluarga juga bisa lebih mudah memantau kondisi lansia sewaktu-waktu karena seluruh rangkaian perawatan dilakukan di rumah. 

Perbedaan Perawat Lansia dan Suster Lansia 

Sebelum menggunakan layanan jasa perawat lansia, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa itu perawat lansia dan berpedaannya dengan suster lansia. Perawat lansia adalah perawat lulusan minimal D3 keperawatan yang bertugas memenuhi berbagai kebutuhan dasar serta bertanggung jawab untuk menangani risiko kesehatan lansia. Perawat lansia boleh melakukan pemerikaan darah kapiler kepada lansia yang meliputi suntik insulin, cek asam surat, glukosa dan kolesterol. 

Sedangkan suster lansia adalah lulusan D1 Keperawatan atau SMK Kesehatan yang bertugas hanya memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar lansia. Suster lansia tidak bisa melakukan tindakan pemeriksaan darah kapiler maupun suntik insulin kepada lansia. Sehingga suster lansia tidak bertanggung jawab menangani risiko kesehatan lansia, melainkan hanya membantu merawat lansia saja.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa menentukan jasa yang kira-kira tepat untuk Anda gunakan untuk merawat orangtua Anda. Apakah jasa perawat ataukah suster lansia?

Tugas-Tugas Perawat Lansia Homecare 24

Untuk Anda yang memutuskan untuk menggunakan jasa perawat lansia, Homecare24 bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Tidak perlu ragu dengan kualitas dan sistem kerjanya, karena semua perawat dari Homecare24 sudah terlatih dan memiliki sistem kerja atau tanggung jawab yang jelas saat menjaga lansia di rumah. Berikut tugas-tugas yang akan dilakukan perawat lansia dari Homecare24. 

  1. Memberikan pelayanan menjaga lansia selama 26 hari kerja dalam 1 bulan. 
  2. Dalam satu hari, perawat harus bekerja selama 12 jam. 
  3. Menjaga pasien lansia di rumah. 
  4. Merapikan tempat tidur pasien dan memastikan selalu bersih serta nyaman. 
  5. Mendampingi lansia latihan fisik atau olahraga. 
  6. Membantu pasien untuk mengubah posisinya. 
  7. Membantu mobilisasi pasien. 
  8. Membantu pasien toileting yang meliputi BAK dan BAB. 
  9. Membantu lansia berdandan dan berpakaian. 
  10. Membersihkan gigi maupun mulut pasien. 
  11. Memandikan pasien. 
  12.  Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pasien. 
  13. Manajemen obat sesuai dengan kebutuhan pasien. 
  14. Mendampingi aktivitas pasien. 
  15. Membuat jadwal aktivitas pasien. 

Perawat lansia Homecare24 merupakan perawat yang terlatih dan mampu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik. Selain itu, perawat juga berupaya memberikan layanan penjagaan yang terbaik sesuai standar bagi lansia sehingga para lansia tetap merasa nyaman dan tenang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *