PERBANDINGAN OPPO A57 DAN OPPO F5

Jika Anda mencari smartphone selfie mungkin Brand Oppo akan terlintas di kepala kalian. Yuo, Oppo telah sukses menciptakan smartphone dengan kamera selfie yang cocok dengan julukannya selfie expert.

Belum lama ini mereka meluncurkan produk terbarunya yaitu Oppo F5. Tapi coba kita  bandingkan dengan pendahulunya yaitu Oppo A57

DESAIN

Desain dari Oppo A57 dengan Oppo F5 tidak beda jauh atau Oppo memang mempertahankan desainnya itu? Mungkin sih iya. Dari kedua brand Oppo ini memiliki desain yang sama tetapi materialnya berbeda. Oppo A57 memiliki bahan material yang terbilang lebih bagus dari Oppo F5, Karena A57 memakai material body yang berbahan metal sedangkan F5 masih menggunakan bahan plastik tetapi finishingnya cukup cantik hingga terlihat seperti metal. Maka dari itu F5 ini sangat rentan pecah saat jatuh, jadi saya sarankan anda perlu memasang hardcase,softcase, maupun jellycase sebagai pelindung bodynya.

Untuk bagian layarnya anda bisa memasangkan screen guard atau jika anda merasa kurang puas dengan screen guard anda bisa menggantinya dengan tempered glass yang lebih kuat dari screen guard karena bahannya yang terbuat dari kaca.

DAPUR PACU DAN TAMPILAN

sumber : Shopee Indonesia

A57 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 435 MSM8940 dengan processsor octa-core 1,4GHz 64-bit dengan GPU Adreno 505.

Sedangkan F5 menggunakan chipset Mediatek MT6763T Helio P23 dengan dibekali CPU Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-G71 MP2.

Memang sih A57 terlihat jadul dengan mengusung snapdragon dibandingkan dengan F5 yang sudah mengusung chipset baru dari mediatek, Tetapi jangan remehkan performa dari A57. Menurut saya snapdragon itu lebih unggul daripada mediatek. Karena dari pengalaman saya memakai smartphone dengan chipset mediatek cenderung terlihat lebih cepat panas dan lag saat kita bermain game dibanding dengan snapdragon. Biasanya sih jika panas akan berpengaruh ke performa baterai kita menjadi menurun. Sampai saat ini pun saya masih berpikir ulang ketika mau membeli hp dengan chipset mediatek karena dapat mempengaruhi kinerja hp tersebut.

A57 memiliki tampilan layar dengan ukuran yang tidak beda jauh dari pada F5 yakni 5,2” dengan resolusi layar 1280 x 720px sedangkan F5 memiliki tampilan layar berukuran 6,0” dengan resolusi layar 1080 x 2160px. Memang produk dari  Oppo itu lebih cenderung ke selfi expertnya tetapi untuk kamera kedua type hp Oppo ini juga tidak beda jauh. A57 menggunakan kamera depan dengan ukuran 16 megapixel dan kamera belakangnya 13 megapixels, Sedangkan F5 lebih unggul kualitas kamera daripada A57 yakni dengan kamera belakang berukuran 16 megapixels dan kamera depannya 20 megapixels.

Untuk RAM dan memori internal A57 memiliki varian 3/32GB dan untuk F5 memiliki 3 varian yakni 3/32GB,4/32GB, dan 6/64GB.

OPERASI SYSTEM (OS)

Sistem operasi dari kedua brand Oppo ini terbilang berbeda. Kalau A57 masih memakai OS Android 6.0 Marshmallow, Sedangkan F5 terbilang memiliki OS yang lebih unggul dari A57 yaitu Android 7.0 Nougat.

BATERAI 

Untuk performa baterai F5 lebih unggul dengan kapasitas baterai 3200mAh daripada A57 yang masih menggunakan kapasitas baterai 2900mAh. Keduanya sudah memakai tipe baterai tanam atau non removable. Sayangnya A57 belum dibekali dengan safe mode charger sedangkan untuk F5 sudah. Kesamaan dalam sistem charging keduanya masih belum menggunakan charger tipe fast charging.

Jika anda ingin membeli produk smartphone Oppo atau yang lainnya anda bisa langsung ke e-Commerce terpercaya seperti Shopee atau yang lainnya. Disana anda akan menemukan banyak pilihan menarik dengan harga yang menarik juga. So… selamat mencoba ya!

Leave a Comment