Si Kecil Panas, Pusing dan Muncul Lenting Merah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Demam atau panas adalah satu gejala penyakit yang sangat umum dialami dari berbagai jenis penyakit yang ada. Dari mulai penyakit infeksi, trauma, hingga gangguan lainnya bisa mengakibatkan tubuh penderita menjadi panas. Selain panas, pusing juga merupakan gejala yang umum dimiliki yang disebabkan oleh banyak penyakit. Keduanya sering terjadi pada anak-anak saat mereka terpapar infeksi virus maupun bakteri. Namun jika muncul gejala lanjutan seperti lenting atau benjolan kecil berisi air, maka indikasi lebih menjurus ke penyakit cacar air yang memang sering terjadi pada anak-anak.

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster. Virus ini mudah menyerang anak-anak karena kekebalan tubuh mereka yang masih lemah. Selain anak-anak, cacar air juga bisa menyerang orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin cacar air sebelumnya atau belum pernah terkena cacar air. Cacar air yang disebabkan oleh virus ini sangat berhubungan dengan kekebalan tubuh seseorang sehingga kurang tepat jika diberikan antibiotika untuk obatnya.

Selain gejala tersebut di atas, cacar air juga menimbulkan gejala lainnya seperti:

  • Tubuh menjadi lemas.
  • Pusing.
  • Tenggorokan menjadi nyeri dan susah untuk menelan.
  • Turun selera makan.

Sedangkan untuk lenting atau benjolan berisi air akan mulai muncul di hari ke 2 hingga ke 4 sesudah demam. Lenting akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan kekebalan tubuh yang membaik. Umumnya lenting akan mulai berkurang setelah 7 hari dari mulai muncul di tubuh penderita.

Meski bukan disebabkan oleh bakteri, namun virus varisella zoster penyebab cacar air ini sangat menular terutama pada orang yang belum pernah di vaksin atau yang saat itu memiliki kekebalan tubuh rendah. Karenanya jika anak Anda menderita cacar air  , batasi aktivitasnya dan batasi interaksinya dengan orang lain terutama anak-anak. Anda pun sebagai orangtua yang mengasuh dan merawatnya setiap hari harus mengetahui cara-cara menghindari penularan agar tidak tertular cacar.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan saat mengasuh anak penderita cacar air di rumah:

  • Hentikan aktifitas anak sementara hingga sembuh seperti kegiatan sekolah dan les.
  • Batasan interaksi dengan orang lain terutama anak-anak.
  • Sediakan air putih di dekat si kecil agar ia banyak minum.
  • Sediakan buah dan berikan menu makanan yang sehat dan bergizi seimbang.
  • Nasehati si kecil agar tidak menggaruk kulit yang gatal, beri bedak atau obat untuk mengatasi rasa gatal.
  • Beri penurun panas atau kompres jika si kecil demam.
  • Cuci pakaian, handuk dan seprei si kecil secara terpisah dari pakaian lain agar tidak menularkan virus.

Dengan melakukan hal-hal di atas diharapkan kekebalan si kecil meningkat dan bisa sembuh dengan sendirinya dari cacar air.

Leave a Comment