Struktur Tulang Manusia

Ketika seorang bayi lahir ke dunia, setidaknya ia akan memiliki 270 tulang dalam tubuhnya. Namun, seiring berjalannya waktu dan pertambahan usai, sebagian tulang tadi akan menyatu sehinnga hanya terbentuk 206 tulang saja pada tubuh manusia dewasa.

Lalu, bagaimana sih anatomi atau struktur tulang manusia yang ada dalam tubuh itu. Berikut ini adalah penjelasannya.

Fungsi Tulang Manusia

Sebelum membahas bagian struktur tulang. Ada baiknya anda memahami apa saja fungsi dari tulang yang ada dari bagian atas kepala sampai ke bawah kaki.

  • Membentuk struktur tubuh pada manusia
  • Tempat penyimpanan lipid dan juga mineral yang menjadi kebutuhan tubuh
  • Berfungsi sebagai area untuk produksi sel darah putih, sel darah merah dan juga elemen-elemen yang berhubungan dengan darah lainnya.
  • Sebagai organ yang melindungi tubuh
  • Berfungsi sebagai alat untuk pergerakan pada tubuh manusia.

Bentuk Kerangka Tulang Manusia

Dalam teori anatomi tubuh manusia, setidaknya tulang manusia itu terdiri dari 5 macam bentuk tulang. Diantaranya

  1. Tulang Panjang

Tulang panjang adalah tulang yang fungsinya untuk menopang bagian kerangka manusia di beberapa bagian tubuh.

Tulang yang termasuk ke dalam kategori tulang panjang diantaranya adalah tulang paha, tulang betis, tulang kering, tulang telapak kaki dan tangan, jari-jari dan juga tulang pembentuk bagian lengan.

  1. Tulang Pendek

Tulang pendek dikategorikan sebagai tulang yang memiliki bentuk kecil ataupun pendek ukurannya bisa bunda ataupun seperti dadu.

Adapun, yang termasuk tulang pendek diantaranya adalah tulang pembentuk pergelangan kaki (tarsal) ataupun tulang pembentuk pergelangan pada tangan (carpal)

  1. Tulang Pipih

Ukuran dari tulang ini tipis dan memiliki ukuran dan juga bentuk yang bermacam macam. Tulang pipih berfungsi untuk otot yang terdapat pada tulang. Contoh dari tulang jenis ini misalnya adalah tulang rusuk atau rib, tulang belikat, tulang dada dan juga tulang tengkorak.

Selain dari tulang pipih, tulang panjang dan juga tulang pendek. Ada juga jenis tulang lain seperti diantaranya adalah tulang sesamoid dan juga tulang tidak teratur.

Struktur Tulang Manusia

  1. Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak melindungi kepala dan juga bagian bagian tubuh yang ada di dalamnya seperti misalnya otak dan juga wajah.

Adapun, tulang ini terdiri dari tulang dahi, ubun ubun, pelipis dan juga tulang tulang untuk pembentuk wajah seperti misalnya tulang rahang, tulang hidung dan juga lakrimal atau tulang air mata.

  1. Tulang Belakang

Bagian rangka tulang belakang mempunyai 33 ruas tulang yang terdiri dari tulang leher, dada, punggung bawah, sacrum dan juga tulang ekor.

Tulang ini memanjang dari atas bagian badan sampai bawah badan hampir ke bagian anus. Untuk penamaannya secara medis, tulang ini dinamai dengan sebutan T1 untuk posisi paling atas dan seterusnya sampai T12.

  1. Tulang Rusuk dan Dada

Tulang dada adalah tulang yang bentuknya seperti sebuah pisau dan terletak di bagian tengah tubuh hingga ke tulang rusuk.

Adapun, untuk tulang rusuk sendiri, ia berfungsi melindungi organ dalam manusia seperti misalnya paru-paru, hati dan juga jantung.

Dalam tubuh manusia setidaknya ada 12 pasang tulang rusuk yang terdiri dari tulang rusuk sejati, palsu dan tulang rusuk melayang.

  1. Tulang Tangan dan Kaki

Seperti namanya, tulang tangan adalah tulang yang berada di bagian tangan dari mulai jari-jari sampai dengan tulang pergelangan tangan.

Adapun, tulang kaki adalah bagian tulang yang menopang tubuh manusia dan melakukan gerakan untuk aktivitas di kehidupan sehari-hari

Selain yang disebutkan diatas, ada juga Tulang panggul. Ia adalah tulang yang bentuknya seperti mangkuk yang fungsinya adalah untuk menopang tulang belakang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Mengenal Bahan Linen, Produk Tekstil Tertua

Wed Jun 8 , 2022
Ada banyak sekali bahan kain yang saat ini bisa ditemukan. Bahan-bahan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu juga beberapa bahan sangat cocok untuk digunakan di kondisi iklim tertentu. Salah satu jenis kain yang cukup dikenal yaitu kain linen. Anda yang ingin mengetahui pengertian dari bahan linen, maka […]