Tips Mengobati Difteri pada Anak, agar Anak Ceria Kembali

Difteri meeupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri. Anak-anak yang memiliki ketahanan tubuh masih rendah dapat dengan mudah terserah penyakit difteri ini. Mengobati difteri pada anak dapat dilakukakan dalam bentuk alami maupun medis. Berikut telah dirangkum cara pengobatan bila anak Anda terserang penyakit difteri.

  1. Jus Nanas

Nanas sendiri mempunyai manfaat, yakni dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini sangat dibutuhkan karena anak-anak masih memiliki ketahanan atau sistem imunitas tubuh yang masih rendah. Nanas juga mengandung antioksidan sehingga dapat dengan baik untuk menjaga kesehatan Anda maupun anak Anda.

Penyakit difteri yang menyerang anak Anak juga dapat diatasi dengan mengonsumsi jus nanas. Jus nanas sendiri memiliki sifat anti radang yang sangat membantu membuang sel-sel yang rusak pada tenggorokan. Hal tersebut sangat penting karena dapat menghilangkan membran akibat penyakit difteri yang muncul.

  1. Jeruk Nipis

Seperti yang banyak orang tahu, bahwa jeruk nipis mempunyai manfaat bagi kesehatan. Jeruk nipis sendiri banyak mengandung sekali vitamin C yang tentunya sangat bermafaat bagi kesehatan tubuh.

Penyakit difteri juga dapat diobati dengan menggunakan jeruk nipis ini. Caranya adalah dengan mencampurkan jeruk nipis dengan air rebusan bunga rosella sehingga dapat mengobati npenyakit difteri secara alami. Campuran jeruk ini dengan rebusan bunga rosella, tentunya miliki khasiat yang besar untuk mengobati radang tenggorokan.

  1. Mengkudu

Anda pasti tahu dengan buah yang memiliki rasa pahit ini? Mengkudu yang memiliki rasa pahit ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, tak terkecuali dengan penyakit difteri. Dalam buah mengkudu ini terdapat kandungan anti oksidan yang sangat bagus untuk membuang racun yang terdapat dalam darah.

Selain itu, buah mengkudu juga mengandung anti biotik alami yang mampu bekerja dalam melawan bakteri. Dalam buah yang memiliki rasa pahit ini, terdapat kandungan scolopetin dan terpenoid yang mampu bekerja secara maksimal dan efektif sebagai pereda radang, sehingga nantinya dapat membantu memulihkan sel-sel tenggorokan yang rusak.

  1. Jahe

Jahe selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Jahe yang mempunyai aroma yang khas dan kerap digunakan sebagai bumbu untuk menghilangkan aroma manis ini, juga terdapat banyak orang yang percaya dapat menngobati penyakit difteri.

Rempah-rempah tersebut memiliki kandungan senyawa kimia khususnya pada jahe merah yang mampu untuk mengobati difteri. Senyawa tersebut antara lain shoganol, zingeron, dan jyga gingerol.manfaat yang dapat diperoleh dari jahe antara lain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penghangat tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan sifat anti radang.

  1. Campuran Madu dan Temulawak

Madu yang merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh ini ternyata juga mempunyai berbagai manafaat. Kandung yang alami terdapat pada madu dipercaya mampu untuk mengobati difteri pada anak.

Sedangkan pada temulawak, juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengobati difteri. Kandungan pada temulawak yakni minyak atsiri, mineral, seskuiterpen dkamper, kurkumin, kurkunionid, natrium, kadmium dan P-toluilmetilkarbinol. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit difteri.

  1. Getah Pepaya dan Air Hangat

Bagi banyak orang, masih belum mengetahui kandungan yang terdapat dalam getah pepaya. Getah pepaya sendiri mengandung sekitar 50 asam amino yang memiliki peran penting dalam negobati radang, anti tumor, anti virus dan juga anti kanker.

Getah pepaya yang memiliki caraitran bersifat lengket dapat digunakan sebagai obat difteri untuk anak Anda. Pengobatan difteri dengan menggunakan getah pepaya ini dapat dilakukan dengan mencampurkan getah dengan air yang masih hangat.

  1. Antibiotik

Difteri juga dapat disembuhkan dengan menggunkan antibiotik seperti eritromisin dan penisilin. Antibiotik tersebut sangat bermanfaatn untuk dapat membunuh bakteri dalam tubuh dan membersihkan infeksi yang timbul akibat difteri.

Pengobatan yang paling baik adalah dengan menggunakan obat-obatan alami. Selain difteri pada anak akan sembuh, juga dapat menjaga anak dari efek samping obat-obatan kimia. Jadi tidak salah jika Anda memilih obat-obatan tersebut sebagai alternatif bila difteri belum sembuh. Anak Anda akan ceria kembali seperti semula, dan penyakit difteripun hilang.

Leave a Comment