Tips Menjalankan Diversifikasi Investasi Yang Tepat

Ketika ditanya apa yang menjadi tujuan investasi maka umumnya tujuan seorang berinvestasi adalah untuk menumbuhkembangkan hartanya menjadi lebih besar lagi. Namun dalam berinvestasi untuk mendapatkan manfaat seperti itu tidak mudah. Diperlukan strategi yang tepat. Salah satunya diversifikasi investasi. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir terjadinya resiko kerugian yang lebih besar.

Tips Menjalankan Diversifikasi Investasi Yang Tepat

Berikut ini beberapa tips menjalankan diversifikasi investasi yang tepat, antara lain :

  1. Tak menempattkan pada satu jenis investasi yang sama

Salah satu hal yang menjadi dasar dari diversifikasi investasi  adalah tidak menyimpan uang anda pada satu investasi yang sama secara keseluruhan. Hal tersebut sangat beresiko besar. Ketika jenis investasi tersebut mengalami kerugian maka uang yang anda simpan  pada investasi tersebut akan mengalami kerugian.

Namun sebaliknya jika anda melakukan diversifikasi investasi atau tak menyimpan uang pada satu jenis investasi yang sama tapi beberapa investasi maka akan ada keuntungan. Ketika satu investasi mengalami rugi maka anda bisa mengharapkan keuntungan dari  jenis investasi yang lain.

Pendek kata, sangat jelas dari keuntungan melakukan diversifikasi investasi yaitu untuk menghindarkan dari resiko kerugian yang lebih besar. Karena yang namanya investasi terkadang mengalami keuntungan ataupun kerugian yang tak pasti.

Yang namanya investasi mempunyai tingkat resiko tersendiri. Bahkan yang dipilih jenis investasi yang paling aman sekalipun seperti emas mempunyai tingkat resiko. Tapi tingkat resiko sangat kecil ketimbang jenis investasi lain. Seperti saham dan bisnis.

  1. Menempatkan pada satu jenis investasi yang sama tapi berbeda macam bentuk

Bentuk diversifikasi investasi selanjutnya yang bisa dipilih adalah menanamkan uang pada satu jenis investasi tapi dengan berbagai macam bentuk. Contohnya anda memilih investasi reksadana. Tapi jenis reksadana yang dipilih berbagai macam rupa. Seperti reksadana saham, reksadana pasar uang, reksadana campuran, dan reksadana pendapatan tetap.

  1. Mengenali resiko dari suatu investasi

Sebelum anda memulai diversifikasi investasi maka anda bisa memulai dengan memilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan investasi anda. Kenali terlebih dahulu resiko dari investasi tersebut. Seberapa besar tingkat resiko kerugiannya.

Kalau anda memilih aman dengan memilih investasi yang minim resiko maka anda bisa mengambil beberapa jenis investasi seperti itu yakni surat berharga negara, reksadana pasar uang, deposito, investasi emas dan lain sebagainya.

4.Disesuaikan dengan durasi waktu dan tujuan

Tips berikut dalam menjalankan diversifikasi investasi yang tepat adalah disesuaikan dengan tujuan dan jangka waktu yang dikehendaki.  Misalkan jika anda menginginkan investasi dengan keuntungan sangat besar dalam jangka pendek maka anda bisa mengambil investasi dalam bentuk bisnis ataupun peer to peer lending di Indonesia. Namun jika anda menghendaki keuntungan yang besar dalam jangka panjang maka anda bisa mengambil investasi emas atau reksadana.

5.Persiapan dana darurat

Sebelum anda memulai diversifikasi investasi sebaiknya anda menyisihkan dana darurat. Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi kejadian yang tak diduga yang membutuhkan biaya besar. Seperti pengobatan penyakit. Untuk membuat dana darurat bisa dijadikan dalam bentuk emas yang gampang dicairkan dalam bentuk uang tunai.

6.Melakukan pengawasan

Dengan melakukan diversifikasi investasi maka anda pun bisa menilai jenis investasi mana yang lebih memberikan keuntungan paling besar dan jenis investasi mana yang tidak maksimal dalam memberikan keuntungan.

Pendek kata, proses diversifikasi investasi tidak hanya sampai disitu. Tugas berikutnya adalah melakukan pengawasan untuk memastikan jenis investasi yang dipilih sesuai yang diharapkan atau memberikan keuntungan maksimal. Jenis investasi yang kurang maksimal memberikan laba bisa diganti dengan jenis investasi yang lebih menguntungkan.

Demikianlah tips menjalankan diversifikasi investasi yang tepat yang bisa anda jalankan. Dengan diversifikasi tersebut  diharapkan kerugian dapat dicegah dan keuntungan bisa lebih ditingkatkan. Karena Anda pun bisa berharap mendapatkan keuntungan dari jenis investasi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek

Mon Aug 8 , 2022
Investasi jangka pendek merupakan sebuah produk investasi yang di sini bisa dicairkan dalam jangka waktu yang relatif pendek. Investasi jangka pendek tersebut umumnya mempunyai periode pencairan dari satu hingga tiga tahun. Namun terdapat juga beberapa instrumen untuk investasi jangka pendek tersebut yang nantinya dapat dicairkan oleh investor hanya dalam jangka […]