Tips-Tips Menghemat Penggunaan Listrik

Listrik menjadi hal yang harus ada di rumah untuk kebutuhan sehari-hari. Namun kebanyakan orang sering mengeluhkan TDL (Tarif Dasar Listrik) yang semakin naik. Untuk itu sangat penting kita bagi kita menggunakan listrik dengan hemat. Bahkan saat ini banyak yang menawarkan alat penghemat listrik terbaik untuk mengurangi daya pemakaian listrik. Selain itu, cara sederhana yang bisa anda terapkan untuk menghemat listrik adalah mematikan lampu pada siang hari dan menggunakan alat elektronik sesuai kebutuhan.

Listrik sudah menjadi kebutuhan primer untuk meringankan urusan rumah tangga seperti mencuci, menyetrika, memasak, dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghemat listrik dan mengurangi biaya penggunaan listrik:

  1. Memilih daya listrik yang sesuai

Setiap daya listrik yang berbeda maka akan berbeda pula biaya yang harus dibayarkan. Jadi anda harus memilih daya listrik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Bagi masyarakat yang kurang mampu dianjurkan untuk menggunakan daya listrik 450 VA dan 900 VA yang masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Anda harus memperkirakan daya listrik yang anda butuhkan. Apabila daya listrik yang anda gunakan terlalu besar maka anda harus meminta petugas PLN untuk menurunkan daya listrik tersebut.

  1. Menggunakan pulsa listrik prabayar

Sistem prabayar merupakan sistem yang bisa mengontrol penggunaan listrik dengan menyesuaikan pembelian pulsa setiap bulannya. Cara kerja dari sistem ini adalah apabila anda menggunakan listrik secara berlebihan maka anda akan kehabisan pulsa dan listrik akan padam. Cara ini bisa kita terapkan untuk mengatur penggunaan listrik yang benar guna menghindari keborosan.

  1. Menggunakan lampu LED

Sekarang ini banyak diproduksi lampu jenis LED (Light Emitting Dioda) sebagai solusi menghemat listrik. Keunggulan dari lampu LED adalah lebih terang, tidak panas, warna yang dihasilkan lebih natural, lebih tahan lama, dan tentunya hemat energi. Dengan menggunakan lampu LED anda bisa mengurangi daya listrik pada lampu.

  1. Menggunakan televisi LED

Seperti lampu LED, televisi jenis LED juga dilengkapi dengan fitur hemat energi. Daya listrik pada televisi tabung dan televisi LED sangat jauh. Sebagai contoh televisi tabung berukuran 32 inchi membutuhkan daya hingga 100 watt sedangkan televisi LED hanya membutuhkan daya listrik sekitar 40 hingga 50 watt. Apalagi jika fitur hemat energi atau eco diaktifkan maka daya listrik yang dibutuhkan akan lebih hemat lagi.

Tips menghemat listrik lainnya adalah menggunakan AC sesuai kebutuhan, tidak menggunakan pengering mesin cuci ketika kemarau, menggunakan setrika yang hemat listrik, mencabut steker dari colokan apabila tidak digunakan, dan menggunakan perangkat instalasi listrik secara benar dan aman.

 

Leave a Comment